Agus Widjojo: Teknologi Pertahanan Harus Jadi Bagian dari Teknologi Nasional

Gubernur Lembaga Ketahanan Republik Indonesia (Lemhannas RI) Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo menjadi salah satu narasumber dalam Forum Dialog Nusantara yang diselenggarakan oleh Perpustakaan Habibie – Ainun, Kamis (12/8). Webinar tersebut mengangkat tema Pembangunan Industri dan Teknologi Pertahanan Nasional.

“Teknologi Pertahanan Nasional itu tidak sepenuhnya meliputi cakupan Teknologi Nasional,” kata Agus menjelaskan Teknologi Pertahanan Nasional. Menurut Agus, Teknologi Pertahanan harus merupakan bagian rincian turunan dari Teknologi Nasional. Teknologi Nasional mempunyai tuntutan untuk memenuhi kebutuhan dalam seluruh fungsi dimensi nasional dan segala sesuatu yang bersifat untuk Teknologi Pertahanan berawal dari bidang nasional.

Agus menjelaskan Industri Pertahanan Nasional merupakan salah satu pilar dan salah satu bangunan utama bagi daya saing ekonomi nasional. Aspek tingkat nasional tersebut mencakup pada saat masa damai dan masa perang, sedangkan pertahanan hanya berfokus pada masa perang. Oleh karena itu, sebelum terjadi perang, industri dan teknologi harus menjadi kompetitif serta produktif pada saat masa damai.

Pada kesempatan tersebut, Agus mengatakan bahwa segala sesuatu, termasuk Industri Pertahanan Nasional, sepatutnya dipertimbangkan secara nasional lalu kemudian dijabarkan. “Segala sesuatu hendaknya dipikirkan dari nasional dulu baru kemudian dijabarkan untuk kepentingan masing-masing (turunan),” kata Agus.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Ketua Dewan Penasihat Forum Dialog Nusantara Dr. Ing. Ilham Habibie, MBA. Dan turut hadir pula Wakil Ketua Komisi I DPR RI Drs. Utut Adianto, dan Pengamat Pertahanan Edy Prasetyono Ph.D. Sebagai narasumber.



Hak cipta © 2024 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749