Cetak

KEIN Lakukan Kunjungan Kerja ke Labkurtannas Lemhannas RI

11 (sebelas) anggota Tim Pokja Industri Strategis dan Teknologi Tinggi Komite Ekonomi Dan Industri Nasional (KEIN) RI melakukan kunjungan kerja ke Labkurtannas Lemhannas RI, Senin (14/5) dalam rangka kunjungankerja terkait rencana penulisan policy memo dan policy paper KEIN kepada Presiden RI. Kunjungan kerja Tim Pokja tersebut, dipimpin oleh Ketua Tim Pokja ISTT KEIN RI, Andri B.S. Sudibyo, MM,dan diadakan di ruang rapat Labkurtannas Gd. Astagatra Lt. 8 Lemhannas RI.

 

Dalam kunjungannya kali ini diterima langsung oleh Ketua Labkurtannas Lemhannas RI, Prof. Dr. Miyasto, SU yang dalam sambutannya memperkenalkan secara singkat mengenai Labkurtannas Lemhannas RI. Pertemuan ini dihadiri juga oleh para Tenaga Profesional Lemhannas RI yang merupakan anggota Dewan Pakar Labkurtannas Lemhannas RI dan Sekretaris Labkurtannas Marsma TNI Ade Dian Suryacandra, M.Sc. 

 

Prof. Dr. Ir. Dadan Umar Daihani, DEA (Taprof dan Anggota Dewan Pakar Labkurtannas Lemhannas RI) menyampaikan perkembangan pengukuran ketahanan nasional (tannas) yang telah dilakukan oleh Lemhannas RI dari waktu ke waktu. Dari mulai sistem statis pengukuran tannas setiap tahun, sistem informasi geospasial tannas yang merupakan konsumsi bagi pimpinan tingkat nasional maupun daerah, dan sistem dinamis yang merupakan sistem yang dapat mengkreasikan hubungan korelasi antar indikator pengukuran tannas lintas variabel sehingga dapat dihasilkan sebuah indeks/hasil pengukuran baru yang dikehendaki oleh para pakar.

 

Andri B.S. Sudibyo (Ketua Tim Pokja ISTT KEIN RI) kemudian menyampaikan maksud dan tujuan kedatangan timnya ke Labkurtannas Lemhannas RI dan menyatakan ketertarikannya terhadap apa yang telah dihasilkan oleh Labkurtannas. Andri selanjutnya melakukan diskusi lebih mendalam tentang industri pertahanan dan kemampuan Iptek nasional dengan para audience yang hadir dalam pertemuan tersebut.

 

Selanjutnya, untuk menjalin kerjasama yang baik antara Lemhannas RI dengan KEIN RI, Andri menawarkan untuk melakukan pembahasan lebih lanjut mengenai hasil pengukuran tannas terutama yang terkait dengan masalah industri pertahanan dan kemampuan Iptek nasional yang akan dijadwalkan dalam waktu dekat terutama terkait dengan agenda besar KEIN RI, yaitu Pertemuan Menteri Pertahanan ASEAN.