Pembukaan Penguatan Kapasitas Personel Lemhannas RI dalam Memasuki Era Industri 4.0

“Kegiatan ini dapat menjadi sarana untuk mengembangkan kapasitas personel sebagai pendorong transformasi yang mendukung Indonesia melakukan lompatan proses pencapaian aspirasi Roadmap/ Peta Jalan Program Making Indonesia 4.0 dan pembangunan berkelanjutan melalui tindakan kolaboratif dan solusi yang inovatif,” ujar Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia (Lemhannas RI) Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo saat membuka kegiatan Pelatihan Kapasitas Personel Lemhannas RI dalam Memasuki Era Industri 4.0 pada Selasa (13/07).

Dalam kegiatan tersebut, Agus menyampaikan bahwa pemerintah telah merancang Making Indonesia 4.0 sebagai peta jalan yang terintegrasi untuk mengimplementasikan sejumlah Strategi dalam memasuki Era Industri 4.0. Sejalan dengan hal tersebut, Lemhannas RI mempunyai tugas untuk membantu Presiden dalam menyelenggarakan Pendidikan Penyiapan Kader dan Pemantapan Pimpinan tingkat Nasional yang berpikir komprehensif, integral, holistik, integratif dan profesional, memiliki watak, moral dan etika kebangsaan, negarawan, berwawasan nusantara serta mempunyai cakrawala pandang yang universal.

Agus juga menegaskan bahwa acara Penguatan Kapasitas Personel Lemhannas RI merupakan salah satu upaya untuk memperkuat kapasitas personel dan mengembangkan pool of mentor sehingga dapat meningkatkan kinerja. Para peserta akan dibekali program penguatan kapasitas personel dengan pendekatan Theory U dan System Thinking agar para peserta memahami struktur permasalahan sistematik, perbedaan konsep berpikir linear dan sistem, serta cara mengkomunikasikan tantangan sistematik secara efektif dengan menggunakan bahasa system thinking serta memahami tentang balancing dan reinforcing loops.

“Pelatihan ini ditujukan kepada individu perorangan yang pada hakikatnya, merupakan latihan pengembangan diri,” tutur Agus. Lebih lanjut Agus menyampaikan kepada para peserta, agar setelah mengikuti kegiatan tersebut dapat mengubah kerangka berpikir dari Ego System menjadi Eco System agar sebuah organisasi bisa maju ke depannya di Era Industri 4.0.

Dalam kesempatan tersebut, Agus juga menyampaikan harapannya agar peserta dapat memahami dan mempraktikkan seni mendengarkan, proses internal dan eksternal yang terjadi dalam sebuah komunikasi, serta mampu membangun lingkungan yang sehat untuk tercapainya komunikasi dalam meningkatkan kinerja tim melalui kegiatan the art of listening sehingga berpengaruh positif terhadap kinerja para peserta.

Deputi Pendidikan Pimpinan Tingkat Nasional Lemhannas RI yang menjadi Ketua Tim Pelaksana Making Indonesia 4.0 tahun 2021 Mayjen TNI Sugeng Santoso, dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan tersebut diikuti oleh 60 orang yang terdiri dari eselon I sebanyak 10 orang, eselon II sebanyak 3 orang, eselon IV sebanyak 4 orang dan staf 43 orang. Kegiatan tersebut diselenggarakan secara daring mulai Selasa, 13 Juli 2021 sampai Jum’at, 23 Juli 2021.

 

 



Hak cipta © 2024 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749