Cetak

Direktorat Pengkajian Ekonomi dan SKA Lemhannas RI Kunjungi Lokus Kepulauan Bangka Belitung

Deputi Pengkajian Strategik Lemhannas RI, Prof. Dr. Ir. Reni Mayerni, M.P. didampingi oleh Tenaga Profesional Bidang Sumber Kekayaan Alam Lemhannas RI Ir. Edi Permadi, Tenaga Profesional Bidang Sumber Kekayaan Alam Lemhannas RI Prof. Dr. Jana Tjahjana Anggadirejdja, Pelaksana Penelitian dan Pengembangan Bahan Galian Nuklir, Pusat Teknologi Bahan Galian Nuklir Badan Tenaga Nuklir Nasional, I Gde Sukadana, S.T., M.Eng., Direktur Pengkajian Ekonomi dan Sumber Kekayaan Alam Lemhannas RI Brigjen TNI Ramses L. Tobing, S.T. dan sejumlah personel Lemhannas RI mengunjungi Lokus Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Selasa, 26 April 2021 sampai Rabu, 27 April 2021.

Kunjungan tersebut bertujuan untuk mengumpulkan data di Lokus Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dalam rangka memperkaya substansi Kajian Strategik Jangka Panjang “Hilirisasi Mineral dan Logam Tanah Jarang Guna Mendukung Pertumbuhan Ekonomi Nasional”.

Selama dua hari berada di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, rombongan melaksanakan tiga Focus Group Discussion (FGD). Pada FGD pertama, rombongan Lemhannas RI berdiskusi dengan PT. Timah (Persero) Tbk yang dipimpin langsung oleh Direktur Utama PT. Timah Tbk Mochtar Riza Pahlevi Tabrani dan didampingi oleh jajaran Direksi PT Timah Tbk. Selanjutnya FGD kedua dilaksanakan dengan Kepolisian Daerah Kepulauan Bangka Belitung, hadir pada kesempatan tersebut Kepala Kepolisian Daerah Kepulauan Bangka Belitung Irjen Pol. Drs. Anang Syarif Hidayat dan Komandan Resor Militer 045 Garuda Jaya.

FGD terakhir adalah diskusi dengan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang dihadiri oleh Gubernur Bangka Belitung Dr. H. Erzaldi Rosman, didampingi Kepala Dinas Energi dan SDM Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Amir Syahbana, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Drs. Sunardi, M.A.P, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Eko Kurniawan S.Sos., M.Si, Dosen Fakultas Pertambangan Universitas Bangka Belitung Irvan, S.T., M.Eng, dan anggota DPR RI komisi VII Daerah Pemilihan Bangka Belitung yang membawahi bidang energi, teknologi dan riset serta lingkungan hidup Bambang Patijaya.

“Pada tahun 2021 ini, Pengkajian Strategik Lemhannas RI melaksanakan program kajian berlanjut yang berjudul Hilirisasi Mineral dan Logam Tanah Jarang Guna Mendukung Pertumbuhan Ekonomi Nasional,” kata Deputi Pengkajian Strategik Lemhannas RI, Prof. Dr. Ir. Reni Mayerni, M.P. Lebih lanjut Reni menyampaikan bahwa FGD di Lokus Provinsi Kepulauan Bangka Belitung diharapkan akan memberikan kontribusi terhadap upaya mencari solusi persoalan hilirisasi mineral dan logam tanah jarang.

“FGD di Lokus Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ini merupakan rangkaian kegiatan pendalaman materi kajian jangka panjang Direktorat Pengkajian Ekonomi dan SKA Debidjianstrat sebagai upaya untuk mendapatkan data dan fakta riil sesuai kondisi di lapangan tentang hilirisasi mineral dan logam tanah jarang,” tutur Reni. Dua pertanyaan mendasar yang diharapkan akan terjawab melalui FGD di Lokus Provinsi Kepulauan Bangka Belitung adalah apa permasalahan dan kendala yang dihadapi pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan swasta dalam mengoptimalkan hilirisasi mineral dan logam tanah jarang sehingga dapat mendukung pertumbuhan ekonomi nasional serta bagaimana mewujudkan pengelolaan hilirisasi mineral dan logam tanah jarang sehingga dapat mendukung pertumbuhan ekonomi nasional.