Lemhannas RI Hadiri Focus Group Discussion Penataan Organisasi dan Tata Pemerintahan Bidang Polhukam

Kepala Biro Perencanaan Settama Lemhannas RI Marsma TNI Heraldy Dumex Dharma, M.Si. (Han) beserta jajaran menghadiri Focus Group Discussion (FGD) Penataan Organisasi dan Tata Pemerintahan Bidang Polhukam yang diselenggarakan oleh Deputi Bidang Kelembagaan dan Tata Laksana Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kementerian PANRB) di Jakarta, Selasa, (20/4).

 

Kegiatan ini melanjutkan pembahasan pada FGD pertama terkait penyesuaian peta proses bisnis Lemhannas RI yang dilaksanakan pada 18 Februari 2021 lalu. Penyesuaian peta proses bisnis Lemhannas RI dilakukan agar selaras dengan Peraturan Menteri PANRB No. 19 Tahun 2018 tentang Penyusunan Peta Proses Bisnis Instansi.

 

Pada kesempatan tersebut, Koordinator Asesmen dan Koordinasi Kelembagaan Politik, Hukum, dan Keamanan dan Pemerintah Daerah Kementerian PANRB, Erni Herawati, S.E., menyampaikan kembali definisi peta proses, yaitu diagram yang menggambarkan hubungan kerja yang efektif dan efisien antar unit organisasi untuk menghasilkan kinerja sesuai dengan tujuan pendirian organisasi agar menghasilkan keluaran yang bernilai tambah bagi pemangku kepentingan. Oleh karena itu, Erni mengingatkan bahwa dalam penyusunan peta proses bisnis, instansi pemerintah diharapkan tidak terjebak dengan struktur organisasi.

 

Berdasarkan hal tersebut serta butir catatan penataan Proses Bisnis Lemhannas RI yang disampaikan oleh Kementerian PANRB pada FGD terdahulu, Lemhannas RI telah memperbaiki 4 (empat) proses utama pada peta proses bisnis Lemhannas RI. Kegiatan dilanjutkan dengan pembahasan secara umum terkait Peta Subproses, Peta Relasi, dan Peta Lintas Fungsi Lemhannas RI yang juga akan mengalami penyesuaian.

 

“Setelah pertemuan ini, sudah ada kesatuan pemikiran. Semoga pada pertemuan selanjutnya pembahasan akan lebih menukik, sehingga pada akhirnya akan dapat memenuhi harapan yang diinginkan”, ujar Kepala Biro Perencanaan Settama Lemhannas RI Marsma TNI Heraldy Dumex Dharma, M.Si. (Han) pada akhir pertemuan.



Hak cipta © 2024 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749