GOVERNOR

VICE GOVERNOR

GOVERNING BOARD

DEPUTY OF NATIONALITY VALUE STRENGTHENING DIVISION

EXPERT LECTURERS & EXPERT ANALYSTS

EXPERT PROFESSIONALS

INSPECTORATE

ICT COORDINATOR

LABORATORY FOR NATIONAL RESILIENCE MEASUREMENT

LEMHANNAS SOCIAL NETWORK

PENGELOLA INFORMASI DAN DOKUMENTASI

Kader dan Caleg Partai Politik Tingkatkan Kualitas Pemahaman Berbangsa dan Bernegara
Tuesday, 04 February 2014 16:29

 

Lemhannas RI kembali selenggarakan program pemantapan nilai-nilai kebangsaan bagi anggota partai politik peserta pemilu 2014 di Lemhannas RI, Jakarta. Selasa (4/2), Program tersebut dibuka oleh Gubernur Lemhannas RI Prof. Dr. Ir. Budi Susilo Soepandji, DEA di Gedung Dwi Warna Purwa Lemhannas RI.

 

Pemantapan nilai-nilai kebangsaan yang berlangsung selama 10 hari bertujuan untuk meningkatkan kualitas pemahaman berbangsa dan bernegara yang bersumber dari empat konsensus dasar bangsa Indonesia, yakni Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Sesanti Bhinneka Tunggal Ika.

 

Menurut Budi Susilo Soepandji, ada dua peran partai politik yang sulit dipisahkan, yaitu terkait erat dengan tujuan partai dan peran yang terkait dengan fungsi partai politik, yakni untuk memperjuangkan aspirasi bagi kesejahteraan dan rasa aman bagi bangsanya.

 

Sebagai wadah rekrutmen politik dan kaderisasi kepemimpinan, semua partai politik harus terus senantiasa meningkatkan pemahaman para anggota partai politik terhadap empat konsensus dasar bangsa.

 

Hal tersebut pada dasarnya bertujuan agar partai politik tidak terjebak pada kepentingan politik sesaat, jangka pendek, dan pragmatis yang akhirnya rentan terhadap berbagai konflik, ketegangan, dan perpecahan antar parpol dalam memperebutkan kekuasaan tanpa mengindahkan kepentingan bangsa, negara, dan masyarakat.

 

Untuk menghindari hal tersebut, Budi Susilo Soepandji berpendapat bahwa kita bisa mencontoh sikap, ucapan, dan tindakan para “Founding Fathers” yang telah membentuk bangsa ini karena mereka telah memberikan tauladan tentang bagaimana sebaiknya pemimpin NKRI dalam menghadapi, mengatasi, hingga dapat melewati segala ancaman, gangguan, hambatan, dan tantangan yang menghadang.

 

Program pemantapan Nilai-nilai Kebangsaan ini seyogianya dapat menjadi agenda penting bagi kader-kader partai politik karena melihat peran mereka sebagai anggota partai yang turut mewarnai kebijakan dalam membangun kehidupan bermasyarakat.

 

“Saya berharap Bapak/Ibu dapat menjadi calon pemimpin nasional yang semakin kuat, berkarakter kebangsaan, dan mampu menjadi agen-agen perubahan dan dapat menyebarluaskan nilai-nilai kebangsaan di lingkungan masing-masing”, tutup Gubernur Lemhannas RI pada sambutan pembukanya.