GOVERNOR

VICE GOVERNOR

GOVERNING BOARD

DEPUTY OF NATIONALITY VALUE STRENGTHENING DIVISION

EXPERT LECTURERS & EXPERT ANALYSTS

EXPERT PROFESSIONALS

INSPECTORATE

ICT COORDINATOR

LABORATORY FOR NATIONAL RESILIENCE MEASUREMENT

LEMHANNAS SOCIAL NETWORK

Indonesia - Australia Tingkatkan Hubungan Kerja Sama
Thursday, 07 November 2013 16:03

 

    Gubernur Lemhannas RI Prof. Dr. Ir. Budi Susilo Soepandji, D.E.A. menerima kunjungan Sekjen Pertahanan Australia Dennis Richardson AO pada Kamis (7/11) di ruang tamu pimpinan Lemhannas RI.

 

    Dalam pertemuan tersebut dibahas antara lain perkembangan geopolitik di Asia Timur, Indonesia dan Australia serta isu-isu penting terkini lainnya terkait dengan hubungan kedua negara dan ASEAN.

 

   Menyitir ucapan seorang profesor bidang studi strategis dari Australian National University Hugh White, Gubernur menyampaikan pandangannya bahwa Australia perlu lebih memperhatikan dan mempertimbangkan kondisi aktual di Indonesia melalui kebijakan-kebijakannya.

 

 

     Lebih lanjut dijelaskan oleh beliau bahwa saat ini Indonesia secara ekonomi menjadi negara yang cukup diperhitungkan di G-20 dengan Produk Domestic Bruto (GDP) dan paritas daya beli (PPP)-nya yang berada pada peringkat 15 besar dunia. Untuk itu, diharapkan kerja sama Indonesia – Australia ke depannya diharapkan bisa lebih ditingkatkan lagi.

 

    Hubungan yang sudah terjalin saat ini antara Australia dan Lemhannas RI melalui pengiriman peserta Australia untuk mengikuti pendidikan di Lemhannas RI merupakan langkah baik yang harus terus dipertahankan. Sebagaimana yang disampaikan oleh Gubernur Lemhannas RI bahwa untuk ke depannya Australia dipersilakan untuk mengirimkan pesertanya yang berasal dari kalangan sipil guna mengikuti pendidikan di Lemhannas RI. Hubungan kerja sama semacam ini merupakan hal penting guna memperbaiki sudut pandang Australia tentang cara pandang dan aspirasi bangsa Indonesia.

 

   Sebaliknya, juga diusulkan agar perwakilan dari Lemhannas RI dapat melakukan studi singkat ke Australia dengan mengunjungi institusi Australian Defence College atau pun institusi strategis lainnya dengan tujuan untuk mengenal Australia secara lebih baik pada tingkatan think-tank.

 

     Diharapkan upaya ini dapat menghindari kesalahpahaman yang dapat terjadi dalam hubungan kedua negara dan sekaligus meningkatkan pemahaman akan kebijakan masing-masing negara. Selain itu, Gubernur Lemhannas RI juga menyinggung tentang hubungan kerja sama dalam bidang dokumentasi dan pengembangan perpustakaan.

 

     Dalam kesempatan ini, Dennis Richardson AO menegaskan kembali komitmen pemerintah Australia untuk perluasan dan peningkatan hubungan Indonesia dan Australia melalui pernyataan Perdana Menteri Australia yang baru terpilih Tony Abbott, terutama dalam hal pertahanan.

 

     Dalam pertemuan tersebut, Gubernur Lemhannas RI didampingi oleh Tenaga Ahli Pengkaji Bidang Geografi Mayjen TNI Endang Hairudin, S.T., M.M., Kepala Biro Kerja Sama Laksma TNI Sulistiyanto, M.Sc. dan Kepala Biro Humas Laksma TNI E. Estu Prabowo.