GOVERNOR

VICE GOVERNOR

GOVERNING BOARD

DEPUTY OF NATIONALITY VALUE STRENGTHENING DIVISION

EXPERT LECTURERS & EXPERT ANALYSTS

EXPERT PROFESSIONALS

INSPECTORATE

ICT COORDINATOR

LABORATORY FOR NATIONAL RESILIENCE MEASUREMENT

LEMHANNAS SOCIAL NETWORK

PENGELOLA INFORMASI DAN DOKUMENTASI

Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi I DPR RI
Tuesday, 04 June 2013 17:05

 

     Memenuhi undangan pimpinan Sekretaris Jenderal DPR RI, Selasa (4/6), segenap jajaran pimpinan Lemhannas RI menghadiri Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi I DPR RI. Rapat yang membahas tentang Kebijakan Penghematan dan Pengendalian Belanja Kementerian Negara/Lembaga Tahun 2013 berlangsung di Ruang Rapat Komisi I, Gedung Nusantara II, Kompleks DPR RI, Jakarta.

 

      RDP yang juga dihadiri dari beberapa Kementerian dan Lembaga lain tersebut, Sekretaris Utama Lemhannas RI selaku Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) Lemhannas RI Drs. Chandra Manan Mangan, M.Sc. menyampaikan dalam penjelasan tertulisnya, Lemhannas RI telah melaksanakan self blocking terhadap program kerja dan anggaran. Hal ini dilakukan dalam rangka pemerintah yang mengeluarkan kebijakan Penghematan dan Pengendalian Anggaran K/L guna pengamanan APBN TA 2013.

 

alt

 

      Self blocking yang dilakukan Lemhannas RI telah sesuai kriteria dan disampaikan kepada Kementerian Keuangan, berasal dari efisiensi belanja modal, yaitu pengurangan volume output kegiatan yang selanjutnya akan dialokasikan kembali pada tahun anggaran berikutnya secara operasional. Lemhannas RI telah memastikan bahwa penghematan yang dilakukan ini tidak mengganggu pelaksanaan tugas dan fungsi utamanya karena termasuk dalam sistem pendukung (supporting system).

 

     Dalam penjelasan selanjutnya, disampaikan bahwa Lemhannas RI telah mengantisipasi dengan kesungguhan demi tercapainya sasaran delapan area perubahan, mulai dari perubahan kelembagaan melalui revitalisasi organisasi, penataan SDM aparatur yang meliputi sistem rekrutmen, penempatan berbasis kompetensi, peningkatan kapasitas SDM hingga perubahan pola piker (mind set) dan budaya kerja.

 

     Dengan semangat reformasi birokrasi yang mengarah pada tata pemerintahan yang baik (good governance) dan pemerintahan yang bersih (clean government), Lemhannas RI juga telah menyusun konsep optimalisasi anggaran, melalui efisiensi belanja honor maupun belanja bahan. Hasil dari optimalisasi tersebut direncanakan untuk mendukung kegiatan prioritas yang belum terprogram.

 

     Selain itu, disampaikan pula informasi awal tentang hasil Konsultasi kepada Presiden pada tanggal 20 Mei lalu kepada Komisi I DPR RI. Dalam arahannya, Presiden menyatakan pemahaman dan persetujuan serta mendukung penuh atas rencana jangka panjang Lemhannas RI dalam mewujudkan cita-citanya sebagai lembaga berkelas dunia.