GOVERNOR

VICE GOVERNOR

GOVERNING BOARD

DEPUTY OF NATIONALITY VALUE STRENGTHENING DIVISION

EXPERT LECTURERS & EXPERT ANALYSTS

EXPERT PROFESSIONALS

INSPECTORATE

ICT COORDINATOR

LABORATORY FOR NATIONAL RESILIENCE MEASUREMENT

LEMHANNAS SOCIAL NETWORK

PENGELOLA INFORMASI DAN DOKUMENTASI

Sosialisasi Penilaian Prestasi Kerja Pegawai Negeri Sipil
Wednesday, 01 May 2013 13:55

 

     Sosialisasi Peraturan Pemerintah Nomor 46 Tahun 2011 tentang Kebijakan Penilaian Prestasi Kerja Pegawai Negeri Sipil dan Perka BKN No. 1 Tahun 2013 tentang Petunjuk Pelaksanaan Penilaian Prestasi Kerja diselenggarakan pada hari Rabu (1/5) di Auditorium Lemhannas RI.

 

     Kegiatan yang dibuka oleh Sekretaris Utama Lemhannas RI Drs. Chandra Manan Mangan, MSc menghadirkan narasumber dari Asisten Deputi Pengembangan SDM Aparatur Kementerian PAN & RB Dra. Nadimah, MBA. dan Driektur Kinerja Pegawai Badan Kepegawaian Nasional Drs. Purwanto, MM. Sosialisasi yang dimoderatori oleh Marsekal Muda TNI Beng Tardjani tersebut dihadiri para pejabat eselon I, II, III dan IV serta staf Lemhannas RI.

 

 

     Dalam penjelasannya, Dra. Nadimah, MBA menjelaskan bahwa penilaian prestasi kerja PNS bertujuan untuk menjamin objektivitas pembinaan PNS yang dilakukan berdasarkan sistem prestasi kerja dan sistem karier yang dititikberatkan pada sistem prestasi kerja. Menurutnya, berdasarkan PP Nomor 46/2011 penilaian berdasarkan prinsip obyektif, terukur, akuntabel, partisipatif, dan transparan. Penilaian prestasi kerja mencakup unsur-unsur sasaran kerja pegawai (SKP) dan perilaku kerja.

 

     Pada kesempatan berikutnya, Drs. Purwanto, MM mengatakan Perka BKN No. 1 Tahun 2013 merupakan tindak lanjut atas pelaksanaan PP Nomor 46/2011 pasal 11, pasal 14, dan pasal 18. Perka BKN ini mulai berlaku pada sejak peraturan ini diundangkan dan akan dilaksanakan mulai 1 Januari 2014. Penilaian prestasi kerja Pegawai Negeri Sipil bertujuan untuk menjamin objektivitas pembinaan Pegawai Negeri Sipil yang dilakukan berdasarkan sistem prestasi kerja dan sistem karier yang dititikberatkan pada sistem prestasi kerja

 

     Penilaian prestasi kerja Pegawai Negeri Sipil secara strategis diarahkan sebagai pengendalian perilaku kerja produktif yang disyaratkan untuk mencapai hasil kerja yang disepakati dan bukan penilaian atas kepribadian seseorang Pegawai Negeri Sipil. Unsur perilaku kerja yang mempengaruhi prestasi kerja yang dievaluasi harus relevan dan berhubungan dengan pelaksanaan tugas pekerjaan dalam jenjang jabatan setiap Pegawai Negeri sipil yang dinilai.