GOVERNOR

VICE GOVERNOR

GOVERNING BOARD

DEPUTY OF NATIONALITY VALUE STRENGTHENING DIVISION

EXPERT LECTURERS & EXPERT ANALYSTS

EXPERT PROFESSIONALS

INSPECTORATE

ICT COORDINATOR

LABORATORY FOR NATIONAL RESILIENCE MEASUREMENT

LEMHANNAS SOCIAL NETWORK

PENGEMBANGAN TEKNOLOGI NUKLIR GUNA PEMANFAATAN ENERGI TERBARUKAN DALAM RANGKA MENINGKATKAN KETAHANAN ENERGI NASIONAL
Thursday, 20 June 2013 13:58

 

Kajian Aktual – I :

 

1.       LATAR BELAKANG
          Ketergantungan Indonesia terhadap bahan bakar minyak (BBM), atau energi fosil umumnya, telah menghadapi tantangan paling berat saat ini. Sekitar 65 persen kebutuhan energi di Indonesia masih tergantung pada BBM, yang sebagian besar digunakan di sektor transportasi. Di lain pihak, cadangan minyak bumi Indonesia hanya sembilan miliar barel (Kemen. ESDM, 2013) yang diperkirakan habis selama 18 tahun dengan laju produksi rata-rata 500 juta barel per tahun. Hal ini menyebabkan Indonesia harus beralih dari negara pengekspor minyak menjadi pengimpor minyak netto (net importer) sejak beberapa tahun terakhir.


Pengkajian Ekonomi

 


    Guna mengatasi persoalan tersebut diperlukan upaya diversifikasi dan konservasi energi. Diversifikasi energi adalah penganekaragaman pemakaian energi dengan meningkatkan pemanfaatan teknologi seperti; tenaga nuklir, surya, biomassa, angin, energi air dan panas bumi. Sedangkan konservasi energi adalah meliputi pemanfaatan energi yang efisien dan menerapkan management energi di semua sektor yaitu sektor industri, transportasi, rumah tangga dan komersial.


    Terdapat keinginan untuk mendorong penggunaan EBT untuk mengimbangi penurunan penggunaan energi fosil. Salah satu jenis EBT yang kemungkinannya akan dikembangkan adalah energi nuklir. Pengembangan ini dilakukan mengingat beberapa kelebihan dari energi nuklir, diantaranya, adalah bahwa bahan bakarnya tidak mahal, mudah untuk dipindahkan (dengan sistem keamanan yang ketat), energi yang dihasilkan sangat besar dan tidak mempunyai efek gas rumah kaca serta hujan asam.


 

2.    POKOK PERMASALAHAN
        Pokok permasalahan yang dapat dikemukakan dalam Pengembangan Teknologi Nuklir Guna Pemanfaatan Energi Terbarukan Dalam Rangka  Meningkatkan Ketahanan Energi Nasional adalah 1) Bagaimanakah kondisi pengembangan teknologi nuklir di Indonesia saat ini?; 2) Faktor-faktor apakah yang menghambat dan mendorong pengembangan teknologi nuklir di Indonesia?; 3)Bagaimanakah kebijakan, strategi, dan upaya untuk mendorong pengembangan teknologi nuklir di Indonesia?