GOVERNOR

VICE GOVERNOR

GOVERNING BOARD

DEPUTY OF NATIONALITY VALUE STRENGTHENING DIVISION

EXPERT LECTURERS & EXPERT ANALYSTS

EXPERT PROFESSIONALS

INSPECTORATE

ICT COORDINATOR

LABORATORY FOR NATIONAL RESILIENCE MEASUREMENT

LEMHANNAS SOCIAL NETWORK

PENGELOLA INFORMASI DAN DOKUMENTASI

Lembaga Ketahanan Nasional
Lemhannas RI Mencari Rumusan untuk Mempererat Hubungan Diplomatik dengan Australia
Wednesday, 16 April 2014 14:14

Pada Kamis (16/4), Deputi Pengkajian Strategis Lemhannas RI mengadakan Focus Group Discussion dengan tema “Optimalisasi Hubungan Diplomatik Indonesia-Australia Guna Memperkokoh Politik Luar Negeri Indonesia dalam Rangka Ketahanan Nasional” di Ruang Rapat Lt .3 Gd. Asta Gatra Lemhannas RI. Acara yang dibuka oleh Kepala Deputi Pengkajian Strategik, Irjen Pol. Boy Salamuddin, ini membahas tentang hubungan Internasional Indonesia dengan menghadirkan narasumber dan penanggap yang ahli di bidangnya.

 

Terdapat empat narasumber yang memaparkan pandangannya mengenai kajian yang digelar, yakni Marsda TNI Ir. Beng Tarjani, M.Sc (Tenaga Ahli Pengkaji Bidang Hubungan Internasional dan Diplomasi Lemhannas RI), Dr. Melda Kamil (Peneliti dan Pakar Hukum Internasional, FISIP UI), Dewi Savitri Wahab (Direktur Asia Timur dan Pasifik, Ditjen Aspasaf, Kemenlu RI), dan Prof. Salim Said (Guru Besar (Prof) Ilmu Politik pada Universitas Pertahanan Indonesia (UNHAN),  Universitas Muhammadiah Malang UMM), dan mantan Duta Besar Indonesia di Republik Ceko 2006-2010).

 

Di beberapa tahun terakhir, hubungan diplomatik antara Indonesia dan Australia kerap diwarnai dengan persoalan-persoalan yang mengganggu kerukunan kedua belah negara. Meskipun secara umum kerja sama antara keduanya saling menguntungkan, tetapi dengan adanya masalah seperti migran ilegal, penyadapan, dan pelanggaran batas wilayah mau tak mau membuat panas kondisi politik antara Indonesia dan Autsralia.

 

Focus Group Discussion yang berlangsung selama 3 jam ini bermaksud merumuskan penyelesaian yang paling baik dari konflik diplomatik yang ada. Pembahasan yang dilakaukan dalam diskusi ini berfokus pada perumusan latar belakang terjadinya kesenjangan hubungan diplomatik antara Indonesia-Australia beserta faktor dan unsur yang memengaruhinya, dan menetukan langkah kebijakan yang harus diambil untuk memperkokoh politik luar negeri Indonesia dan untun meningkatkan ketahanan nasional.

 

Setelah paparan yang dilakukan oleh narasumber, sanggahan, masukan, dan saran diberikan oleh penanggap untuk memperkaya rumusan diskusi. Penanggap yang dihadirkan antara lain Evi Fitriani (Dosen Hubungan Internasional FISIP UI), Mayjen TNI Abdul Chasib (Tenaga Ahli Pengkaji Bidang Strategi Lemhannas RI), dan Wendy A. Prajuli (Dosen Hubungan Internasional Universitas Bina Nusantara dan Officer Institutes for Defence Security and Peace Studies).

 
Upacara Bulan April Lemhannas RI: Jangan Terjebak dalam Kontestasi Politik
Thursday, 17 April 2014 11:15

 

Bertempat di lapangan tengah, Lemhannas RI mengadakan Upacara Bulan April yang melibatkan seluruh anggota dan dipimpin oleh Gubernur Lemhannas RI, Prof. Dr. Ir. Budi Susilo Soepandji, DEA. Dalam amanatnya, Gubernur kembali mengingatkan netralitas yang harus dijunjung oleh para anggota, khususnya para TNI dan Polri yang kini menjabat di Lemhannas RI. ”Sebagai aparatur negara yang mendedikasikan pengabdiannya untuk kepentingan persatuan dan kesatuan bangsa, kita tidak boleh terjebak dalam kontestasi politik yang berkembang di tengah masyarakat,” ujarnya.


Selain menyampaikan himbauan terkait tahun politik 2014, Budi Susilo Soepandji juga memberi semangat dan mengevaluasi kinerja Lemhannas RI, khususnya dalam pelaksanaan program kerja dan penyerapan anggaran pada bulan ini.

 

Selesainya pemeriksaan dan pengawasan pengelolaan keuangan negara tahun 2013 oleh BPK RI, dapat menjadi bahan evaluasi bagi lembaga ini. Terlebih lagi, penyerapan anggaran pada tri wulan pertama di tahun 2014 ini tidak mencapai seperempat dari target. Rendahnya penyerapan anggaran tersebut hendaknya memacu para kepala dan anggota unit kerja agar lebih meningkatkan kinerja, mengendalikan, serta mengawasi pelaksanaan program kerja dan anggaran di unit masing-masing. Hal ini harus diperhatikan karena disiplin penyerapan anggaran secara tepat waktu yang sesuai aturan dan ketentuan, merupakan prasayarat keberhasilan pencapaian kinerja Lemhannas di tahun 2014.

 

Di tengah hiruk -pikuk persiapan HUT ke-49 Lemhannas RI pada bulan Mei, juga dihimbau agar tetap fokus pada penyelenggaraan Dialog Kebangsaan tingkat Pimpinan Nasional Cluster B tahap ke-2 dan dialog kebangsaan pimpinan nasional yang melibatkan calon-calon presiden.

 

“Bagi Lemhannas, kegiatan dialog kebangsaan pimpinan tingkat nasional tersebut merupakan wujud tanggung jawab moral kelembagaan dalam menyiapkan kader-kader pimpinan tingkat nasional,” ucap Budi Susilo Soepandji, seraya menutup amanatnya pagi itu.

 
Pembukaan Dialog Kebangsaan bagi Pengusaha Indonesia Angkatan ke-4
Tuesday, 15 April 2014 16:57

 

Setelah sukses dalam mengadakan Dialog Kebangsaan untuk  Pengusaha Indonesia Angkatan ke-3 pada 2013 lalu, kali ini Lemhannas RI kembali membuka program yang sama untuk angkatan ke-4 di Gedung Dwi Warna Purwa pada Selasa (15/4).  Acara yang dibuka oleh Gubernur Lemhannas RI, Prof. Dr. Ir. Budi Susilo Soepandji, DEA., dan dihadiri oleh Wakil Gubernur Marsda Dede Rusamsi, S.E., Sekertaris Utama Drs. Candra Manan Mangan, M. Sc., para deputi,  s...

 
Kajian Pengelolaan BBM dalam Rangka Ketahanan Nasional
Tuesday, 15 April 2014 14:40

Lemhannas RI kembali mengadakan Round Table Discussion pada Selasa (15/4) guna mengkaji permasalahan dalam bidang ekonomi terkait dengan optimalisasi pengelolaan bahan bakar minyak (BBM). Kegiatan yang bertema “Optimalisasi Pengelolaan BBM Guna Meningkatkan Efisiensi Ekonomi Nasional dalam Rangka Ketahanan Nasional” diterselenggara di  Ruang Rapat Gedung Asta Gatra Lt. 4 Barat Lemhannas RI.

 

Diskusi yang merupakan kajian lanjutan dari Focus Gr...

 
Pelatihan Jurnalistik bagi Anggota Lemhannas RI
Monday, 14 April 2014 14:56
alt

 

Betempat di Auditorium Mini  Gd. Asta Gatra Lantai 3, Lemhannas RI mengadakan Pelatihan Jurnalistik Terpadu bagi anggota-anggotanya. Acara yang terlaksana berkat kerja sama dengan Sekolah Jurnalistik Antara (Antara School of Journalism) ini berlangsung selama 5 hari, yakni dibuka pada Kamis (10/4) hingga ditutup pada Rabu (16/4).

 

Peserta yang mengikuti pelatihan ini bukan hanya berasal dari Biro Humas yang memang berhubungan langsung den...

 
Mewujudkan Tata Kelola Bebas Korupsi bersama BPK RI
Thursday, 10 April 2014 15:36

 

Gubernur Lemhannas RI, Prof. Dr. Ir. Budi Susilo Soepandji, DEA., mengucapkan terima kasih kepada seluruh tim BPK RI atas selesainya  pemeriksaan Laporan Keuangan Tahun Anggaran 2013 Lemhannas RI yang dilaksanakan dengan cermat dan seksama.

 

Hal tersebut  disampaikan pada acara taklimat akhir Pemeriksaan BPK RI pada Kamis (10/4) di Ruang Nusantara 2 Gd. Trigatra Lemhannas RI. Tugas  BPK RI di lembaga ini sejak 3 Februari selama dua bulan ...

 
<< Start < Prev 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Next > End >>

Page 1 of 57