Cetak

Gerbang Baru Indonesia, Indonesia Emas 2045

Press Release

Nomor  : PR/58/X/2023/

Tanggal: 17 Oktober 2023

Jakarta – Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia (Lemhannas RI) Andi Widjajanto menyebutkan bahwa gerbang baru akan terbuka setelah Indonesia mematangkan demokrasi pada tahun 2029.

“Kita masih butuh satu pemilu tahun 2029 untuk mematangkan demokrasi kita. Lalu setelah itu, gerbang baru terbuka untuk teman-teman mahasiswa. Gerbang baru itu adalah gerbang Indonesia Maju,” kata Gubernur Andi saat memberikan sambutan kegiatan Talkshow Gebyar Wawasan Kebangsaan dalam Rangka Memperingati Hari Sumpah Pemuda Tahun 2023 di Aryanusa Ballroom Menara Danareksa pada Selasa (17/10).

Gubernur Andi menegaskan bahwa pemegang kunci pada gerbang Indonesia Maju adalah generasi muda yang berusia 17 sampai dengan 35 tahun di tahun 2023. Gerbang itu pula yang mampu membawa Indonesia menuju Indonesia Emas pada tahun 2045.

Oleh sebab itu, Lemhannas RI melaksanakan kegiatan Gebyar Wawasan Kebangsaan untuk memastikan kebangsaan yang dulu membuka pintu gerbang pertama tetap terlihat saat generasi muda melangkah membuka gerbang Indonesia Maju.

“Supaya pada saat teman-teman membuka gerbang Indonesia Emas, teman-teman juga ingat bahwa ada gerbang Indonesia, gerbang merdeka, gerbang pembangunan, gerbang demokrasi, dan terus maju lebih cepat untuk membuat gerbang Indonesia Emas 2045 bisa menjadi apa yang menjadi kerja keras teman-teman semua,” tegas Gubernur Andi.

Pada sambutannya, Gubernur Andi juga berpesan kepada para mahasiswa untuk selalu memulai sesuatu dengan pertanyaan mengapa. “The power of why, kalau why-nya benar, maka bagaimananya akan mudah didapatkan. Apa yang harus dikerjakan juga akan mudah didapatkan,” kata Gubernur Andi

Kegiatan yang dihelat secara hibrida itu menghadirkan tiga narasumber, yakni Dokter peraih Satyalancana Kebaktian Sosial dan Kick Andy Heroes, dr. Yusuf Nugraha, M.H.; Pekerja Seni dan Pegiat Literasi Digital, Yosi Mokalu; dan Founder Yayasan Harapan Pemuda Indonesia, Laila Nihayati.

Turut hadir pada kegiatan tersebut, Wakil Gubernur Lemhannas RI Laksdya TNI Maman Firmansyah, Sekretaris Utama Lemhannas RI Komjen Pol R. Z. Panca Putra S. M. Si., Deputi Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan Lemhannas RI Mayjen TNI Agus Arif Fadila, S.I.P., Deputi Pengkajian Strategik Lemhannas RI Prof. Dr. Ir. Reni Mayerni, M.P., Deputi Pendidikan Pimpinan Tingkat Nasional Marsma TNI Andi Heru Wahyudi, Para pejabat struktural Lemhannas RI, dan Para mahasiswa/I dari berbagai Universitas.

Kepala Biro Humas Settama Lemhannas RI

Brigadir Jenderal TNI Suratno, S.I.P.

Narahubung: Maulida (082229125536)

Caption Foto: Gubernur Lemhannas RI saat memberikan sambutan kegiatan Talkshow Gebyar Wawasan Kebangsaan dalam rangka Memperingati Hari Sumpah Pemuda Tahun 2023

Biro Humas Lemhannas RI

Jalan Medan Merdeka Selatan 10, Jakarta 10110

Telp. 021-3832108/09

http://www.lemhannas.go.id

Instagram: @lemhannas_ri

Facebook: lembagaketahanannasionalri

Twitter: @LemhannasRI

TikTok: @lemhannas_ri