Sinergi Lemhannas RI-TVRI dalam Tranformasi Digital di Indonesia

Press Release

Nomor  : PR/ 9 / IV /2022

Tanggal: 19 April 2022

Jakarta – Gubernur Lemhannas RI Andi Widjajanto menyebutkan ada satu kajian di Lemhannas RI yang membutuhkan sinergi dan pertimbangan dari media, yakni tranformasi digital.

“Ada satu kajian yang mungkin sangat membutuhkan pertimbangan dari teman-teman di media TVRI terutama tentang transformasi digital, itu yang pertama dan tentunya juga konsolidasi demokrasi,” kata Gubernur Andi saat berkunjung ke TVRI pada Selasa (19/04).

Kerja sama antara Lemhannas RI dan TVRI dalam kajian strategis tersebut meliputi kajian tentang keterlibatan komunikasi publik atau transformasi digital atau ruang publik untuk mewujudkan konsolidasi demokrasi.

Menurut Direktur Utama LPP TVRI Iman Brotoseno perlu dilakukan penandatanganan nota kesepahaman terkait kerja sama antara Lemhannas RI dengan TVRI tersebut. “Secara kelembagaan kita perlu lebih menguatkan lagi, mungkin perlu dibuatkan MoU,” kata Dirut LPP TVRI.

Dalam kunjungan tersebut, Gubernur Andi juga menjelaskan arahan presiden kepada Lemhannas untuk fokus pada lima kajian, yakni Ekonomi Hijau, Ekonomi Biru, Transformasi Digital, Ketahanan Ibu Kota Nusantara, dan Konsolidasi Demokrasi.

“Kami diminta fokus ke lima kajian, ekonomi hijau, ekonomi biru, transformasi digital, lalu ketahanan ibu kota nusantara dan konsolidasi demokrasi, itu fokus kami di semua kedeputian selama tiga tahun ke depan,” kata Gubernur Andi.

Selain itu fokus pada lima kajian tersebut, Wakil Presiden RI juga memberi arahan kepada Lemhannas RI untuk membentuk tim kajian khusus tentang Papua yang dikaitkan dengan lima fokus kajian arahan Presiden  RI.

Pada kesempatan itu, Gubernur Andi juga menyampaikan pentingnya keberadaan TVRI sebagai media negara sebagai pilar untuk konsolidasi demokrasi. “Sekali lagi kami di Lemhannas memang memandang penting keberadaan TVRI sebagai media resmi negara. Saya yakin bahwa TVRI sebagai media, pilar ke-4 dari pemerintah, pilar penting untuk konsolidasi demokrasi dan semua tantangannya di era digital,” kata Gubernur Andi.

Turut hadir mendampingi Direktur Utama LPP TVRI yakni Direktur Umum TVRI Dra. Meggy Theresia Rares, MSi., Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan TVRI Efliyanti Analisa, dan Pranata Siaran Ahli Madya Endah Tri Handayani.

Adapun pendamping Gubernur Lemhannas RI, yakni Deputi Pengkajian Strategik Lemhannas RI Prof. Dr. Ir. Reni Mayerni, M.P., Tenaga Profesional Bidang Sosial Budaya Tantri Relatami, S.Sos., M.I.Kom., Kepala Biro Kerja Sama dan Hukum Brigjen TNI (Mar) Purwadi, M.Tr (Han)., Kepala Biro Humas Brigjen TNI A. Yudi Hartono, S.Sos., M.M., M.Han., dan Kepala Bagian Penerangan Biro Humas Kolonel Arh Alton Endarwanto Hadi Susanto, S.T., M.Si. beserta tim.

Narahubung: Maulida (082229125536) / Endah (081316072186)

Caption Foto: Gubernur Lemhannas RI Andi Widjajanto berkunjung ke TVRI.

Biro Humas Lemhannas RI

Jalan Medan Merdeka Selatan 10, Jakarta 10110

Telp. 021-3832108/09

http://www.lemhannas.go.id

Instagram : @lemhannas_ri

Facebook : lembagaketahanannasionalri

Twitter : @LemhannasRI



Hak cipta © 2024 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749