Kesempatan Disabilitas untuk Berkarya

Press Release

Nomor  : PR/51/X/2021

Tanggal:  28 Oktober 2021

Jakarta- Peringatan sumpah pemuda tahun 2021 dihadapkan pada era digitalisasi yang bergerak begitu cepat dan masif.  Perubahan ini juga mendorong kemudahan akses informasi bagi semua orang termasuk generasi muda dan mendorong terbukanya kesempatan untuk memberikan kontribusi nyata kepada negeri sebagai wujud cinta tanah air. Kemudahan akses informasi dan Kesempatan untuk berkontribusi tersebut juga seharusnya didapat oleh penyandang disabilitas.

“Di Indonesia terdapat tiga puluh delapan juta jiwa penyandang disabilitas. Namun, tidak semua orang melek disabilitas. Setiap penyandang disabilitas memiliki keterbatasan dan kelebihan. Sebagai pemuda pemudi Indonesia, kami sebagai penyandang disabilitas ingin nyaman berada di Indonesia,” jelas Angkie Yudistia, Staf Khusus Presiden RI saat menjadi pembicara di Webinar Kebangsan yang diselenggarakan oleh Lemhannas RI (28/10).

Angkie menyebutkan bahwa tidak semua hal berpihak kepada penyandang disabilitas sebagai kelompok rentan. Salah satu masalah yang dihadapi oleh penyandang disabilitas adalah masalah kemandirian. Di berbagai daerah, penyandang disabilitas juga menghadapi kendala dalam kemudahan mengakses informasi. mereka juga belum sepenuhnya mampu untuk memilah informasi yang valid dan tidak.

Maka dari itu, Angki berharap Indonesia dapat menjadi lingkungan yang terbuka terhadap disabilitas terutama di era digitalisasi ini sehingga seluruh aspek dapat bersinergi dan berkolaborasi untuk mendukung peran disabilitas agar mereka dapat berkontribusi secara aktif untuk Indonesia.

Lemhannas RI menyelenggarakan Webinar Gebyar Wawasan Kebangsaan dengan mengangkat tema “Peran Generasi Muda sebagai Agen Perubahan dalam Upaya Menjaga Eksistensi Bangsa Indonesia di Era Digital dan Globalisasi”. 

Webinar yang diselenggarakan bertepatan dengan hari sumpah pemuda ini menghadirkan narasumber antara lain Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo Gubernur Lemhannas RI, generasi muda berprestasi Leani Ratri Oktila Peraih Medali Emas Ganda Campuran Olimpiade Paralimpiade Tokyo, Cabor Bulu Tangkis dan Angkie Yudistia Staff Khusus Presiden RI.

Dengan digelarnya Gebyar Wawasan Kebangsaan, Lemhannas RI berharap dapat memberikan semangat kepada para pemuda yang tengah berjuang di masa kini untuk menggapai cita-cita untuk tetap terus melakukan hal positif di tengah situasi pandemi. Terlebih tahun 2045 diproyeksikan menjadi masa emas bagi Indonesia. Pada 2045, Indonesia akan memiliki bonus demografi, dimana angka usia produktif lebih banyak dibandingkan usia tidak produktif.

Nara hubung : Endah (081316072186)

Caption : Gubernur Lemhannas RI, Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo bersama  generasi muda berprestasi Leani Ratri Oktila Peraih Medali Emas Ganda Campuran Olimpiade  Paralimpiade Tokyo 2020 Cabang Olahraga Bulu Tangkis dan Angkie Yudistia Staff Khusus Presiden RI.

Biro Humas Lemhannas RI

Jalan Medan Merdeka Selatan 10, Jakarta 10110

Telp. 021-3832108/09

http://www.lemhannas.go.id

Instagram : @lemhannas_ri

Facebook : lembagaketahanannasionalri

Twitter : @LemhannasRI



Hak cipta © 2024 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749