Agus Widjojo: Generasi Muda Harus Menang Dalam Persaingan Antar Bangsa

Press Release

Nomor  : PR/44/X/2021

Tanggal:  28 Oktober 2021

Jakarta –  Gubernur Lemhannas RI Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo yakin bahwa generasi muda sudah menapakkan peran dalam bidang masing-masing untuk memberikan sumbangan bagi pembangunan bangsa. Generasi muda sudah fasih untuk menghadapi tantangan-tantangan Internet of Things dan era digital.

“Cinta tanah air di masa lalu mungkin lebih bersifat fisik karena ada ancaman dari kaum kolonial, tapi sekarang cinta tanah air sifatnya terbuka bagi kita untuk berani bergaul, bersaing, dan menang di dalam persaingan antar bangsa. Saya rasa generasi muda sudah siap untuk itu,” kata Agus Widjojo saat menjadi narasumber pada Webinar Gebyar Wawasan Kebangsaan untuk memperingati Hari Sumpah Pemuda (28/10).

Saat ini, generasi tua harus berbagi peran dengan generasi baru dan muda, karena antar generasi memiliki cara pandang yang berbeda. Sehingga cara berpikir, bersikap, dan bertindak pun akan berbeda.

Perbedaan itu memberikan pelajaran bagi masing-masing generasi untuk mencari peran terbaik dalam menghadapi tantangan dan perubahan zaman. Masing-masing generasi tidak perlu menjadikan perbedaan itu untuk mencari kesalahan satu sama lain.

“Generasi muda itu anak panah yang akan melesat ke depan, masa depan adalah milik mereka. Kami hanya busur yang menyiapkan dan melepaskan anak panah ke masa depan,” kata Agus, menyitir penyair Kahlil Gibran.

Pada hakekatnya, sebuah generasi dinilai tidak siap bila mengabaikan perkembangan lingkungan strategis. Maka generasi muda perlu mempersiapkan diri sebagai antisipasi untuk menjawab tantangan-tantangan di masa depan.

“Di sini juga kita tampilkan contoh-contoh generasi muda yang telah memberikan bukti nyata, jadi bukan hanya dibicarakan lagi, bukan didiskusikan lagi, tapi sudah memberikan karya nyata, memberikan sumbangan bagi pembangunan bangsa sesuai dengan marwah dari sumpah pemuda," ujar Agus.

Webinar Gebyar Wawasan Kebangsaan ini mengangkat tema “Peran Generasi Muda sebagai Agen Perubahan dalam Upaya Menjaga Eksistensi Bangsa Indonesia di Era Digital dan Globalisasi”. Acara yang dilaksanakan secara hybrid ini menghadirkan narasumber antara lain Gubernur Lemhannas Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo serta generasi muda berprestasi Leani Ratri Oktila, peraih medali emas ganda campuran Paralimpiade Tokyo, cabang olahraga bulutangkis dan Angkie Yudistia, Staf Khusus Presiden RI.

Gebyar Wawasan Kebangsaan ini dilaksanakan sebagai rangkaian Peringatan Hari Sumpah Pemuda. Semangat persatuan yang dicetuskan 93 tahun lalu ini perlu selalu dijaga dan ditanamkan di dada generasi muda hingga di era digital saat ini.

Dengan digelarnya Gebyar Wawasan Kebangsaan, Lemhannas RI berharap dapat memberikan semangat kepada para pemuda yang tengah berjuang di masa kini untuk menggapai cita-cita. Serta untuk terus melakukan hal positif di tengah situasi pandemi.

Narahubung: Maulida (082229125536)

Caption: Gubernur Lemhannas RI, Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo bersama generasi muda berprestasi Leani Ratri Oktila Peraih Medali Emas Ganda Campuran Olimpiade  Paralimpiade Tokyo Cabor Bulu Tangkis dan Angkie Yudistia Staf Khusus Presiden RI.

Biro Humas Lemhannas RI

Jalan Medan Merdeka Selatan 10, Jakarta 10110

Telp. 021-3832108/09

http://www.lemhannas.go.id

Instagram : @lemhannas_ri

Facebook : lembagaketahanannasionalri

Twitter : @LemhannasRI



Hak cipta © 2024 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749