Lemhannas RI Gelar Training of Trainer Making Indonesia 4.0

Sebagai salah satu rangkaian Making Indonesia 4.0, Lemhannas RI menggelar Training of Trainer di Ruang Konstitusi, Lantai III, Gedung Trigatra, lemhannas RI. Acara yang dibuka oleh Gubernur Lemhannas RI Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo ini diselenggarakan selama tiga hari sejak tanggal 12 hingga 14 September 2018 dan dihadiri oleh perwakilan eselon II dari berbagai kementerian dan lembaga.

Dalam pembukaan tersebut, Agus Widjojo menyatakan bahwa program Training of Trainer ini merupakan program lanjutan dari penguatan kapasitas pemimpin Indonesia. Program ini bertujuan untuk memberikan pemahaman lebih lanjut mengenai Teori-U sebagai sebuah kerangka dalam merancang dan memberikan proses transformasi yang inovatif ditingkat individu dan organisasi.

Agus Widjojo kemudian menjelaskan bahwa capaian sasaran proses transformasi yang inovatif meliputi penguatan kecerdasan berpikir secara kompehensif, holistik, dan integral, penguatan keahlian teknis yang mampu menawarkan inovasi penciptaansistem dan laboratorium pembelajarn yang bersifat sektoral, dan penguatan kecerdasan emotional dalam mentransformasikan berbagai pengalaman dan alat pembelajaran guna meningkatkan kualitas pembelajaran.

Selain itu, Agus Widjojo juga mengatakan bahwa para peserta Training of Trainer akan dibekali dengan program penguatan kapasitas pemimpin indonesia berupa system thinking agar para peserta dapat memahami struktur permasalahan sistemik, perbedaan konsep berfikir linear serta mengkomunikasikan tantangan-tantangan sitemik secara efektif.

Para peserta, jelas Agus Widjojo, juga diharapkan mampu mengenal sistemik problem melalui systems thinking lab, melihat permasalahan secara keseluruhan serta memahami perbedaan cara pandang dan mengidentifikasi titik ungkit dalam membuat keputusan yang strategis. Pada tahapan selanjutnya, para peserta diharapkan mampu mempraktekan kemampuan mendengar melalui ptroses dialog kolektif kreatif dalam sebuah konsep Cafe Dialogue.

Di akhir sambutannya, Agus Widjojo berharap program ini dapat mencapai sasaran yang ingin dicapai. “Saya berharap kegiatan Training of Trainer ini dapat berjalan dengan lancar serta mencapai sasaran yang diinginkan. Oleh karena itu, diperlukan kesungguhan dan kerja sama yang erta kita semua,” pungkas Agus Widjojo.

 



Hak cipta © 2020 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749