Gubernur Lemhannas RI Beri Pembekalan Peserta Taplai HIPMI

Gubernur Lemhannas RI Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo memberikan pembekalan kepada Peserta Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan (Taplai) anggota Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) di Ruang Pancasila, Gedung Trigatra, Lantai III, Lemhannas RI, Kamis (10/11). Pembekalan tersebut mengangkat tema “Konsensus Dasar Kebangsaan dalam Cakrawala Perjalanan Bangsa”.

 

Mengawali pembekalan, Agus widjojo mengatakan wawasan nusantara merupakan cara pandang mengenai diri dan tanah airnya sebagai negara kepulauan dan sikap bangsa Indonesia terhadap diri dan lingkungannya, dengan mengutamakan persatuan dan kesatuan wilayah dalam penyelenggaraan kehidupan berbangsa, bernegara dan bermasyarakat. “Semua cara pandang kita harus lah berwawasan nusantara. Semuanya satu,” jelas Agus Widjojo.

 

Ketahanan nasional, jelas Agus Widjojo, adalah suatu nilai kondisi merupakan keadaan dinamis bangsa, berisi keuletan dan ketangguhan, yang mengandung kemampuan mengembangkan kekuatan nasional, di dalam menghadapi dan mengatasi segala tantangan, ancaman, hambatan, serta gangguan baik yang datang dari luar maupun dari dalam. “Pada dasarnya ketahanan nasional adalah bagaimana sebuah benda apabila mendapatkan upaya perubahan bentuk nantinya dia akan kembali ke bentuk semula,” ujar Agus Widjojo.

 

Kaitannya dengan kewaspadaan nasional, Agus Widjojo mengatakan bahwa kita harus waspada terhadapt semua bentuk tantangan, ancaman, hambatan, serta gangguan yang mengganggu ideologi bangsa.

 

Kemudian, Agus Widjojo menjabarkan mengenai gatra-gatra yang digunakan untuk mengetahui ketahanan nasional Indonesia. Gatra tersebut dibagi menjadi dua macam yaitu yang bersifat dinamis dan statis. Gatra yang bersifat relatif statis, jelas Agus Widjojo, adalah gatra geografi, Sumber kekayaan alam, dan demografi yang disebut Trigatra. Sedangkan gatra yang bersifat relatif dinamis adalah idologi, politik, ekonomi, sosial-budaya, dan pertahanan keamanan yang disebut dengan Pancagatra.

 

Pembekalan singkat tersebut kemudian dilanjutkan dengan diskusi mengenai Pancasila, Undang-Undangn dasar 1945 serta isu-isu kebangsaan terkini.



Hak cipta © 2020 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749