FGD bahas Kebijakan AS dan Cina serta dampaknya pada Ketahanan Nasional

Kedeputian Bidang Pengkajian Strategis (Debidjianstrat) Lemhannas RI mengadakan Focus Group Discussion (FGD) bertemakan “Implementasi Kebijakan Kementerian Luar Negeri Indonesia guna menghadapi kebijakan Amerika dan Cina dalam rangka Ketahanan Nasional”, Rabu (28/2/2018) di ruang Gatot Kaca gd. Astagatra Lemhannas RI. FGD di moderatori oleh Taji Bidang Padnas Mayjen TNI Muhamad Hasyim, S.Sos.

 

Kegiatan FGD dibuka oleh Deputi Pengkajian Strategik Prof. Dr. Ir. Djagal Wiseso Marseno, M.Agr yang dalam sambutannya menyampaikan bahwa kondisi demografi Indonesia yang terus meningkat dari tahun ke tahun berpotensi menarik pasar asing untuk datang ke Indonesia. “Pertambahan jumlah penduduk Indonesia yang semakin pesat dalam setiap tahunnya akan menambah kompleksitas masalah yang ada di Indonesia dan menjadi salah satu faktor kepentingan asing untuk masuk ke Indonesia sehingga Indonesia dijadikan sebagai sasaran pasar produk-produk asing,” ujar Prof. Djagal.

 

Dalam FGD sempat disinggung pula terkait aset kekayaan Indonesia yang melimpah sehingga menjadi daya tarik bagi asing untuk datang ke Indonesia. “Bukan sesuatu hal aneh lagi apabila beberapa negara kuat saling memperebutkan sumber-sumber energi yang ada di dunia, termasuk Indonesia,” ujar Djagal. Oleh karena itu bangsa Indonesia harus mengambil langkah-langkah kebijakan guna menghadapi masalah baik yang datang dari internal bangsa maupun eksternal.

 

Adapun, kegiatan FGD dihadiri oleh empat pembicara, di antaranya adalah Ir. Saud Purwanto Krisnawan, M.M., M.Si, Zelda Wulan Kartika, Rene Pattiradjawane dan Prof. Tirta Nugraha Mursitama, Sos., MM., Ph.D.

 

Sebagai pengimbang opini dihadirkan pula empat orang pembahas yakni Dr. Enny Sri Hartati, Iis Gindarsah, Marsda TNI (Purn) Ir. Beng Tardjani, M.Sc dan Prof. Dr. Ir. Dadan Umar Daehani, D.E.A.

 

Topik yang disampaikan oleh keempat narasumber yakni terkait sasaran kontribusi hasil kerjasama intelejen dengan AS dan Cina, Kepemimpinan Amerika Serikat dibawah pimpinan Presiden Donald Trump dan rivalitas strategis dengan Cina, Prospek hubungan RI-RRC ditinjau dari aspek politik, ekonomi dan keamanan dalam menjaga kepentingan nasional Indonesia, serta Dampak Globalisasi.



Hak cipta © 2020 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749