Forkom Pimpinan Media Massa Angkat Jakarta Geopolitical Forum

Melanjutkan suksesnya penyelenggaraan forum internasional perdana Jakarta Geopolitical Forum (JGF) tahun 2017, Lemhannas RI, untuk kedua kalinya akan menyelenggarakan Jakarta Geopolitical Forum tahun 2018, yang mengangkat tema “Mapping The Future of Geopolitics” yang akan digelar pada 24 Oktober 2018 di Jakarta.

 

Jelang kegiatan tersebut, Lemhannas RI menggelar Forum Komunikasi dengan Pemimpin Media Massa di Anjungan Gedung Trigatra Lt. 3 Lemhannas RI (15/10). Gubernur Lemhannas RI Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo saat membuka kegiatan tersebut menyebutkan, bahwa penyelenggaraan JGF merupakan bentuk eksistensi Lemhannas RI di kancah global, sebagai salah satu lembaga di Indonesia yang mempelajari ilmu geopolitik.

 

“Diharapkan hasil Jakarta Geopolitical Forum tahun 2018, dapat memberikan rekomendasi kepada pemerintah terkait dinamika geopolitik, baik di level nasional, regional dan global yang terjadi dan tentu saja akan memberikan pengaruh kepada pembangunan nasional,” kata Agus Widjojo. Selain itu, Prof. Dadan Umar Daihani selaku Ketua Steering Committee Jakarta Geopolitical Forum 2018 menyebutkan bahwa terdapat tiga isu utama yang akan diangkat dalam JGF 2018, yaitu Trade War Issues, OBOR/BRI Issues, dan Indo Pacific Issues. “Dengan diselenggarakannya JGF, diharapkan dapat memetakan geopolitik masa depan, di dalam situasi yang tidak terprediksi, yang harus kita lihat apa yang akan terjadi dan kita harus ada dimana,” kata Prof. Dadan.

 

Tiga isu tersebut akan menjadi fokus dan akan melihat bagaimana dampaknya bagi dunia. JGF akan menjadi forum bagi pakar, ahli, dan akademisi geopolitik dunia, untuk menjadi forum diskusi, dan menjadi masukan bagi perkembangan ketahanan Indonesia, baik dalam level nasional, regional, maupun internasional. Langkah ini menjadi langkah untuk memberikan rekomendasi bagi Indonesia di tengah ketidakpastian dunia, serta menjadi bahan diskusi bagi Scenario Indonesia 2045.



Hak cipta © 2020 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749