LEMHANNASRI (c) Telematika Lemhannas RI
Portal Lemhannas RI - Items filtered by date: Selasa, 30 Januari 2018

Gubernur Lemhannas RI Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo tiba di Amerika Serikat, Rabu (24/1) dalam rangka menghadiri beberapa agenda pertemuan di Negeri Paman Sam tersebut selama 8 hari hingga 31 Januari 2018 mendatang.

Dalam lawatannya kali ini, Agus Widjojo mengikuti beberapa agenda diantaranya menghadiri forum diskusi di Westminster Institute yang membahas mengenai demokrasi dan pluralisme di Indonesia, kemudian mengikuti roundtable discussion yang diselenggarakan oleh CNAS (Center for a New American Security), melakukan presentasi terkait ancaman keamanan wilayah maritim Indonesia di RAND Corporation (Center for Asia Pacific Policy), menyempatkan berkunjung ke National Defense University selama dua hari, serta memberikan paparannya terkait Reformasi TNI dalam konteks Transisi Demokrasi di Indonesia di USINDO.

 
Pada saat menjadi pembicara pada pertemuan dengan 30 orang peserta diskusi di Westminster Institute, Agus Widjojo memaparkan tentang sistem pemerintahan demokrasi yang diterapkan di Indonesia yang ditinjau dari keberagaman masyarakatnya. Menurut Agus Widjojo, perbedaan yang terdapat di Indonesia tidak mudah untuk disatukan namun pendiri negara mampu mengakomodir perbedaan yang ada melalui konstitusi/UU yang menjadi komintmen/konsensus bersama.


Transformasi membutuhkan pemimpin yang dilihat oleh masyarakat dimana ciri budaya masyarakat Indonesia antara lain cenderung emosional dan mudah berubah manakala meilihat pimpinannya berbuat salah, sehingga dibutuhkan pimpinan yang benar dan tegas menjadi pilihan rakyat Indonesia secara langsung.


Disamping kunjungan kenegaraan, Agus Widjojo juga menyempatkan menghadiri jamuan makan malam dengan Presiden USINDO David Merill yang dihadiri pula oleh Duta Besar Amerika Serikat di Jakarta Mr. Robert Blake pada Kamis (25/1).


Selain itu, Agus Widjojo juga dijadwalkan melakukan kunjungan ke kantor berita VoA untuk Indonesia pada Rabu (31/1) lalu, didampingi oleh staf Gubernur Lemhannas RI. dalam kunjungan ke VoA tersebut, Agus Widjojo melakukan tur singkat keliling kantor VoA untuk Indonesia yang selanjutnya diadakan acara diskusi tanya jawab yang dihadiri oleh sekitar 20 orang awak media VoA Indonesia.

Di publikasikan di Berita