LEMHANNASRI (c) Telematika Lemhannas RI
Portal Lemhannas RI - Items filtered by date: Senin, 22 Januari 2018

Guna menyusun Rencana Kerja Anggaran Kementerian/Lembaga (RKA-K/L) tahun anggaran 2019, Lemhannas RI mengadakan workshop khusus membahas penyusunan RKA-K/L T.A 2019 serta pengembangan fitur dan pemanfaatan sistem informasi Kolaborasi Perencanaan dan Informasi Kinerja Anggaran (KRISNA) bagi pimpinan unit kerja di lingkungan Lemhannas RI. Workshop tersebut menghadirkan dua orang pemapar yakni Direktur Sistem dan Prosedur Pendanaan Pembangunan Bappenas Ir. Basah Hernowo, M.A dan Perencana Muda/ Plt. Kasubdit Sistem dan Prosedur Pendanaan Pemerintah Daerah Bappenas RI Agus Riyanto Kurniawan, S.E., M. Dev. Econ (Adv), Selasa (23/1) di ruang Krisna Gd. Astagatra Lemhannas RI.


Dalam paparan yang disampaikan, Basah Hernowo menyebutkan bahwa dalam penyusunan RKA-K/L tahun 2019, diharapkan adanya kemudahan bagi tiga pihak, yaitu Keuangan, Bappenas, dan Kementerian/Lembaga. Bahkan, Menpan RB akan melibatkan diri dalam menyusun Rencana Kerja di tahun 2019. Pemerintah juga telah menyusun rencana kerja pemerintah (RKP) tahun 2019 yakni dengan menitikberatkan pada pemerataan pembangunan untuk pertumbuhan yang berkualitas. Selain itu, terdapat lima prioritas nasional yakni pembangunan manusia melalui pengurangan kemiskinan dan peningkatan pelayanan dasar, pengurangan kesenjangan antar wilayah melalui penguatan konektifitas dan kemaritiman, peningkatan nilai tambah ekonomi melalui pertanian, industri dan jasa produktif, pemantapan ketahanan energi, pangan dan sumber daya air, serta stabilitas keamanan nasional dan kesuksesan pemilu.


Adapun, pengembangan fitur dan pemanfaatan sistem informasi KRISNA adalah sebagai basis data dan informasi untuk perencanaan K/L. Selain itu fitur ini juga menjadi media monitoring & evaluasi, sebagai alat kontrol dan koordinasi dalam penyusunan rencana kerja dan indikator kinerja, sebagai alat bantu untuk melihat kerangka logis (keterkaitan) antara sasaran dan strategis dengan output yang dihasilkan, juga sebagai alat untuk melakukan analisis (menu laporan / pivot table).

Di publikasikan di Berita