LEMHANNASRI (c) Telematika Lemhannas RI
Portal Lemhannas RI - Items filtered by date: Minggu, 03 September 2017

 

Dalam Rangka Perayaan Hari Raya Iduladha 1438 H, Lemhannas RI menyelenggarakan penyembelihan hewan kurban yang dilaksanakan pada Senin (4/9) di Pelataran Parkir Timur Lemhannas RI.

 

Di awal acara penyembelihan hewan kurban tersebut, Kolonel Cba Iyan Supriyana selaku Ketua Panitia Penyembelihan Hewan Kurban melaporkan bahwa jumlah hewan kurban di Lemhannas RI sebanyak 14 ekor sapi dan tiga ekor kambing. Hasil dari penyembelihan hewan kurban tersebut nantinya akan didistribusikan ke seluruh keluarga besar Lemhannas RI dan kepada masyarakat yang tinggal di sekitar lingkungan Lemhannas RI.

 

Gubernur Lemhannas RI Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo dalam sambutannya menuturkan bahwa Ibadah kurban yang dilaksanakan tiap tahunnya tersebut, merupakan hakikat dari kisah Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail tentang ritual penyembelihan hewan. Dari kisah tersebut mengandung beberapa makna, yaitu totalitas kepatuhan kepada Allah SWT, kemuliaan manusia dan pengorbanan. Esensi kurban itu sendiri, lanjut Agus Widjojo adalah solidaritas sesama dan ketulusan murni untuk mengharap ridho Allah SWT.

 

“Perayaan iduladha 1438 H oleh keluarga besar Lemhannas RI tahun ini mengangkat tema ‘Dengan Hikmah Iduladha Kita Tingkatkan Solidaritas Sosial di Lingkungan Lemhannas RI’. Rasa kebersamaan, kesatuan dan simpati dapat diartikan sebagai perasaan dalam sebuah kelompok yang dibentuk oleh kepentingan bersama dalam hubungan masyarakat ataupun hubungan sosial yang setiap orang terikat satu dengan yang lainnya. Oleh karena itu, tema tersebut harus dipahami tidak saja dalam konteks sosial sehari-hari, namun harus pula dipahami dalam konteks kehidupan berbangsa dan bernegara,” pungkasnya.

 

Menutup sambutannya, Agus Widjojo berharap dengan adanya Perayaan Iduladha ini, segenap keluarga Lemhannas RI senantiasa melakukan kewajiban kepada Allah SWT dan sesama umat manusia secara seimbang. Selain itu, Iduladha kali ini diharapkan juga dapat menjadi momentum untuk mempererat silaturahim dan terus bersyukur kepada Allah SWT.

 

Perayaan Iduladha ini kemudian dilanjutkan dengan acara penyembelihan hewan kurban yang ditandai dengan prosesi simbolis penyerahan hewan kurban dari Gubernur Lemhannas RI kepada Ketua Panitia Penyembelihan hewan Kurban Iyan Supriyana.

 

Hadir dalam Perayaan Iduladha tersebut adalah Wakil Gubernur Lemhannas RI Marsdya TNI Bagus Puruhito, Sekretaris Utama Lemhannas RI Komjen Pol Drs. Arif Wachyunadi, para Deputi, Pejabat Struktural Lemhannas RI, Tenaga Profesional, Tenaga Pengkaji, Tenaga Pengajar, Pengurus IKAL serta Perista Lemhannas RI.

Di publikasikan di Berita

Lemhannas RI menghadiri Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi I DPR RI mengenai RKA K/L tahun 2018 pada Senin (4/9) di Gedung Nusantara II, Komplek DPR RI. 

 

Dalam rapat yang dipimpin dipimpin oleh Ketua Komisi I DPR RI Dr. Abdul Kharis Almasyhari, S.E., M.Si., Akt., C.A. tersebut, Komjen Pol Drs. Arif Wachyunadi selaku Sekretaris Utama Lemhannas RI menyampaikan dua hal yaitu Pagu Anggaran Lemhannas RI pada tahun 2018 dan Rencana Kerja Anggaran Lemhannas RI tahun 2018.

 

Berdasarkan surat Menteri Keuangan RI dan Bappenas RI pada tanggal 25 Juli 2017, menyatakan bahwa Pagu Lemhannas RI pada tahun 2018 sebesar Rp 277.698.000.000,- telah dituangkan dalam Rencana Kerja Anggaran pada tiga program yaitu, Program Dukungan Manajemen dan Pelaksanaan Tugas Teknis Lainnya, Program Pengawasan dan Peningkatan Akuntabilitas Aparatur, serta Program Pengembangan Ketahanan Nasional.

 

Program Pengembangan Ketahanan Nasional sendiri terbagi dalam tiga kedeputian yaitu Kedeputian Pendidikan Pimpinan Tingkat Nasional, Kedeputian Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan, dan Kedeputian Pengkajian Strategik termasuk untuk mendukung Laboratorium Pengukuran Ketahanan Nasional (Labkurtannas).

 

Arif Wachyunadi mengatakan bahwa hasil dari rapat tiga pihak (trilateral) antara Lemhannas RI, Bappenas RI dan Kementerian Keuangan RI pada tangal 23 Mei 2017, Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Lemhannas RI tahun anggaran 2018, memiliki program prioritas yaitu program revolusi mental yang nantinya dilaksanakan melalui program Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan dengan proyeksi fokus kegiatan ketahanan nasional yang dititikberatkan pada wilayah timur Indonesia. 

 

Selain itu, terkait usulan program Jakarta Geopolitical Forum (JGF), Lemhannas RI mendapat rekomendasi dari Bappenas RI agar program tersebut dapat menjadi program prioritas pada tahun anggaran 2018.

 

Rapat Dengar Pendapat tersebut kemudian dilanjutkan dengan diskusi lebih lanjut dengan Komisi I DPR RI.

 

 

 

Di publikasikan di Berita