LEMHANNASRI (c) Telematika Lemhannas RI
Portal Lemhannas RI - Items filtered by date: Senin, 07 Agustus 2017

 

“Jika saya Warga Negara Indonesia, Saya akan datang ke sini (Lemhannas RI) karena saya tergerak untuk melihat apa yang dilakukan oleh institusi ini, melakukan hal yang benar untuk rakyat Indonesia, untuk negara ini,” ucap James Hartsel, Direktur Sementara The Daniel K. Inouye Asia Pacific Center Security Studies (APCSS) dalam diskusinya di Lemhannas RI pada Selasa (8/8).

 

James “Hammer” Hartsel yang telah berkarir di Korps Marinir Amerika Serikat selama 36 Tahun ini menyampaikan bahwa dirinya menyukai konsep Lemhannas RI karena adanya penggabungan antara unsur militer, polisi, birokrat, pengusaha, akademisi dan juga sipil.  

 

Hartsel kemudian menjelaskan bahwa misi APCSS adalah untuk menghubungkan dan memberdayakan praktisi keamanan untuk membangun pemahaman bersama dan jaringan melalui pendidikan guna meningkatkan stabilitas di kawasan Asia-Pasifik. Program pendidikan yang dilakukan oleh APCSS adalah in house resident courses seperti program pendidikan di Lemhannas RI, extensive workshop, seminar and dialog seperti yang dilakukan di Honolulu dan beberapa daerah lainnya.  APCSS sendiri, lanjut hartsel, memiliki 120 staf yang berasal dari akademisi, militer dan juga warga lokal Hawaii.

 

APCSS yang didirikan pada tahun 1995 d Hawaii ini bertujuan untuk mengajak perwakilan dari negara-negara Asia Pasifik untuk duduk bersama mendiskusi mengenai perdamaian dan mempertahankan stabilitas keamanan dan kemakmuran. Saat ini, ACPSS telah memiliki kurang lebih 11 ribu alumni dan 330 diantaranya berasal dari Indonesia.

 

Mengenai area yang menjadi fokus APCSS, Hartsel menyebutkan lima area yaitu manajemen krisis, perlawanan terhadap terorisme, keamanan maritim, pembangunan sektor keamanan, dan keamanan dan perdamaian wanita. Selain itu, APCSS juga menjalin kerja sama dengan berbagai negara di Asia Pasifik untuk mengadakan dialog dan workshop.

 

Kunjungan yang merupakan pertama kalinya bagi The Daniel K. Inouye APCSS ini bertujuan untuk saling lebih mengenal peran masing-masing institusi dan merencanakan kerja sama dalam sebuah nota kesepahaman antara Lemhannas RI dengan APCSS di bidang stabilitas keamanan di Asia Pasifik.

 

Usai penjelasan mendetail mengenai APCSS oleh Hartsel, diskusi yang dimoderatori oleh Mayjen TNI (Purn) Albert Inkiriwang tersebut dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang melibatkan tenaga ahli di Lemhannas RI serta ditutup dengan sesi foto bersama.

 

Di publikasikan di Berita