LEMHANNASRI (c) Telematika Lemhannas RI
14 November

Jelang Penutupan PPSA XXI, Lemhannas Gelar Tar Istri/Suami

Seperti kata pepatah, ‘dibalik kesuksesan seorang pria, pasti ada wanita hebat dibelakangnya’. Ungkapan tersebut memang menunjukkan betapa pentingnya peran seorang istri sebagai pendamping suami, ataupun sebaliknya. Menjelang berakhirnya pendidikan PPSA XXI Lemhannas RI tahun 2017, diadakan penataran bagi Istri/Suami (Tar Istri/Suami) para peserta PPSA XXI. Upacara pembukaan oleh Gubernur Lemhannas RI, Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo dilakukan di Auditorium Gadjah Mada, Gedung Panca Gatra, Selasa (14/11) pagi.

 

Diawali dengan pelaporan kesiapan penataran oleh Deputi Pendidikan Pimpinan Tingkat Nasional, Mayjen TNI Karsiyanto, S.E. yang menyampaikan tentang tujuan diselenggarakan penataran ini. Diantaranya adalah sebagai pembekalan kepada istri/suami peserta dalam perannya sebagai pendamping pimpinan tingkat nasional, dan meningkatkan wawasan terkait etika bagi istri/suami, sehingga dapat menjadi teladan bagi keluarga besar, unit kerja maupun masyarakat. Sebagai simbol dibukanya kegiatan ini secara resmi, gubernur mengalungkan tanda peserta kepada perwakilan peserta Tar Istri/Suami.

 

Kegiatan penataran yang berlangsung selama enam hari, dari tanggal 14 – 21 November 2017 mendatang diikuti oleh 79 orang istri/suami. Materi-materi yang akan diberikan kepada para peserta penataran terdiri dari 18 unit, antara lain peran istri/ suami dalam menunjang karir suami/istri dalam perspektif psikologi dan ekonomi, peranan perempuan dalam pembangunan nasional, peningkatan ketahanan keluarga guna membangun ketahanan nasional, dan yang tak kalah pentingnya yakni etika berbusana dalam pergaulan dimana para istri akan menjadi contoh masyarakat ketika suaminya kelak menjadi pimpinan tingkat nasional.

 

Dalam sambutannya, gubernur menyampaikan harapannya agar para peserta mampu memanfaatkan kegiatan ini dengan sebaik mungkin, dalam upaya memantapkan peran peserta penataran dalam organisasi, keluarga, maupun di lingkungan masyarakat. “Saya harapkan penataran yang sangat singkat ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya. Pandai-pandailah menyerap pengetahuan, saling bertukar pengalaman dengan para ahli tenaga pengajar, atau penceramah, maupun antar dengan sesama peserta penataran, atau dengan peserta PPSA XXI Lemhannas RI, karena hal ini sangat penting dalam rangka menyongsong dan menghadapi tantangan tugas dan kehidupan yang akan datang,” ujar Agus Widjojo dalam sambutannya.

Dibaca 162 kali