LEMHANNASRI (c) Telematika Lemhannas RI
10 November

Lemhannas RI Peringati Hari Pahlawan

Sebagai bentuk memperingati Hari Pahlawan 10 November, Lemhannas RI melaksanakan upacara pada Jumat (10/11). Bertempat di Lapangan Tengah Lemhannas RI, seluruh personel Lemhannas mengikuti upacara dengan khidmat. Pada kesempatan tersebut, Gubernur Lemhannas RI Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo bertindak sebagai Inspektur Upacara.

 

Dalam sambutan Menteri Sosial RI yang dibacakan oleh Agus Widjojo, disampaikan bahwa Hari Pahlawan yaang saat ini sedang diperingati berangkat dari peristiwa pertempuran 10 November 1945 di Surabaya. Peristiwa tersebut memperlihatkan kepada dunia internasional, bahwa segenap bangsa Indonesia dari berbagai ras, suku, agama, budaya, bersama-sama melebur menjadi satu untuk berikrar, bergerak, dan menyerahkan hidup dan jiwa raganya untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

 

Pada setiap perjuangan para pahlawan dalam membentuk keindonesiaan, pelajaran yang dapat diambil adalah api perjuangan yang membentuk terbangunnya persatuan Indonesia yang terdiri dari dua hal. Dua hal tersebut adalah harapan dan pengorbanan yang membentuk persatuan dan melahirkan Indonesia, merawat eksistensinya dalam panggung sejarah bangsa-bangsa, dan harus terus dinyalakan agar Republik Indonesia tetap berdiri tegak, menjadi besar dan terus memberi sumbangan penting sebagai bagian dari persaudaraan umat manusia di dunia.

 

Selanjutnya pada peristiwa pertempuran 10 November, inspirasi dari R.A Kartini, Ikrar Sumpah Pemuda, lagu kebangsaan Indonesia Raya, keberanian dari Kwee Kek Beng, komitmen dari Johannes Leimena, syair Yaa Ahlal Wathan dan berbagai karya cipta yang menggerakkan ruh pendahulu kita, berperan besar sebagai penanda estetik-heroik, sebagai energi penggerak arek-arek Suroboyo yang dibantu dengan semangat solidaritas dan bela rasa oleh seluruh rakyat Indonesia untuk mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia.

 

Untuk itu, Agus Widjojo mengajak seluruh peserta upacara untuk terus berjuang, bekerja,dan berkaya menjadi pahlawan bagi diri sendiri, lingkungan, masyarakat maupun negeri ini.

 

Dibaca 136 kali