LEMHANNASRI (c) Telematika Lemhannas RI
06 Oktober

UKP-PIP Lakukan Audiensi dengan Gubernur Lemhannas RI

 

Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila (UKP-PIP) melakukan audiensi dengan Gubernur Lemhannas RI Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo dan Wakil Gubernur Lemhannas RI  Marsdya Bagus Puruhito, S.E, M.M. Audiensi ini berlangsung pada Jumat (6/10), bertempat di Ruang Tamu Gubernur, Gedung Trigatra Lantai I Lemhannas RI.

Deputi Pengendalian dan Evaluasi UKP-PIP Silverius Yoseph Soeharso menyampaikan bahwa pihaknya memiliki keinginan untuk mensinergikan UKP-PIP dengan Lemhannas RI.

“Berkenaan dengan salah satu tugas pokok UKP PIP, diminta untuk menyusun sebuah indeks aktualisasi pancasila untuk seluruh aparatur negara baik kota atau kabupaten maupun kementerian. Kami sudah menyusun sedikit konsep namun karena kami mengetahui bahwa di Lemhannas ada Labkurtannas , mungkinkah dari indeks ketahanan nasional itu kita bisa adaptasi atau synchronizing untuk indeks aktualisasi Pancasila,”ungkap Silverius.

Selain itu, Silverius juga akan menyampaikan juga mengenai Training of Trainers terkait pemantapan nilai-nilai kebangsaan. Melihat kegiatan pemantapan nilai-nilai kebangsaan yang diselenggarakan oleh Lemhannas RI, Silverius merasa materi-materi yang disampaikan bisa disinergikan khususnya dalam hal Pancasila. Poin terakhir yang disampaikan adalah mengenai pelatihan kader-kader inti Pancasila.

Kepala UKP-PIP Yudi Latief juga menambahkan bahwa Pancasila menjadi indikator dalam pembangunan nasional.

“Pancasila menjadi indikator pembangunan nasional kita. Saya kira Lemhannas dan Labkurtannas telah menjangkau itu,” ungkap Yudi.

Terkait dengan hal tersebut Agus Widjojo mengungkapkan bahwa perlu didiskusikan lebih lanjut mengenai pengukuran berikut indikator-indikatornya. Selain itu, diperlukan persiapan lebih matang mengenai konsep masterplan dari UKP-PIP sendiri.

Selanjutnya, audiensi dilanjutkan dengan diskusi lebih mendalam mengenai bentuk kerjasama antara Lemhannas dengan UKP-PIP.

 

Dibaca 62 kali