LEMHANNASRI (c) Telematika Lemhannas RI
03 Oktober

Pembekalan Materi oleh Agus Widjojo kepada Kandidat Mandiri Best Employee 2016

Gubernur Lemhannas RI memberikan materi kepada peserta Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan bagi Kandidat Mandiri Best Employee 2016 pada Selasa (3/10). Pada kegiatan yang diikuti oleh para pegawai Kantor Pusat  PT. Bank Mandiri Persero Tbk Region seluruh Indonesia, Agus Widjojo memberikan materi yang berkaitan dengan wawasan kebangsaan.

 

Diawal materinya Agus Widjojo memperkenalkan Lembaga Ketahanan Nasional RI kepada peserta. Agus Widjojo menceritakan sejarah pembentukan Lemhannas, yang pada saat diresmikan oleh Presiden Ir. Soekarno adalah Lembaga Pertahanan Nasional. Namun berganti menjadi Lembaga Ketahanan Nasional sampai pada saat ini.

 

Selain itu, dijelaskan pula fungsi utama dari Lemhannas, yaitu sebaga lembaga yang mendidik calon pemimpin nasional tentang empat konsensus dasar kebangsaan, mengkaji berbagai permasalahan strategik nasional, pemantapan nilai-nilai kebangsaan yang terkandung dalam Pancasila dan UUD 1945.

 

Ketahanan nasional, ungkap Agus, merupakan sebuah outcome atau hasil. Ketahanan nasional akan dikatakan baik jika didukung oleh aspek ketahanan lainnya yang baik pula. Seperti ketahanan ideologi, ketahanan politik, ketahanan ekonomi, ketahanan sosial dan ketahanan pertahanan keamanan. Aspek ketahanan tersebut terdapat pada lembaga-lembaga fungsional dari tiap fungsi-fungsi pemerintahan. Hal ini dapat diwujudkan dengan cara merumuskan kebijakan-kebijakan yang baik dan tepat oleh instansi atau lembaga pemerintahan terkait.

 

Agus Widjojo melanjutkan tentang bagaimana mentransformasi ketahanan nasional ke dalam lingkungan organisasi atau perusahaan yang menjadi tantangan bagi semua.

“Bagaimana melakukan transformasi ketahanan nasional menjadi ketahanan didalam suatu organisasi? Yaitu mampu untuk menghadapi segala tantangan bisnis, utamanya dalam menangani persaingan dan memenangkan persaingan dengan pesaing yang lain,” ungkap Agus.

 

Dalam pembekalan tersebut diadakan diskusi dan tanya jawab oleh peserta pemantapan nilai-nilai kebangsaan bagi kandidat Mandiri Best Employee 2016. 

 

 

Dibaca 138 kali