LEMHANNASRI (c) Telematika Lemhannas RI
11 September

Menko Bidang Kemaritiman RI Bicara Soal Poros Maritim Dunia

Pada Senin (11/9), Seluruh peserta PPRA LVI dan PPSA XXI mendapatkan kesempatan menghadiri ceramah mengenai materi mengenai visi kemaritiman program pembangunan pemerintah. Oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman RI Jenderal TNI (Purn) Luhut Binsar Panjaitan sebagai pemateri.  Acara yang dimoderatori oleh Gubernur Lemhannas RI Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo berlangsung di Ruang Gadjah Mada, Lemhannas RI.

Dalam penyampaian materi yang berjudul “Kebijakan Kelautan Indonesia: Narasi Besar Poros MaritimDunia dan Strategi Pembangunan Kemaritiman”, Luhut menyampaikan mengenai visi maritim Indonesia sebagai poros maritim dunia dan implementasinya.

“Visi Indonesia yaitu untuk menjadi Negara maritim yang berdaulat, maju, kuat dan mandiri serta mampu memberikan kontribusi positif bagi keamanan dan perdamaian kawasan dan dunia sesuai kepentingan nasional,” tutur Luhut.

Untuk mewujudkan visi tersebut, Luhut menuturkan, bahwa pemerintah akan memperkuat pertumbuhan  ekonomi Indonesia melalui implementasi beberapa program  dalam bidang kemaritiman. Program tersebut berupa pengembangan industri strategis bidang kemaritiman, proyek pembangunan dan penguatan fasilitas pelabuhan, program pemerataan pembangunan  dan program pembangunan pusat ekonomi baru.

Maka dari itu,  dapat diketahui bahwa strategi implementasi ekonomi maritim yang baik, akan memperkuat kesinambungan pertumbuhan ekonomi Indonesia. Pemerintah pun, lanjut Luhut, akan terus mendorong program-program yang dapat meningkatkan pertumbuhan.

Ceramah yang disampaikan oleh Menko Bidang Maritim dilanjutkan dengan diskusi serta tanya jawab yang dilakukan oleh para peserta PPRA LVI dan PPSA XXI.

Dibaca 423 kali