LEMHANNASRI (c) Telematika Lemhannas RI
10 September

Lemhannas RI Raih Penghargaan Buletin Terbaik Perpustakaan Nasional 2017

JAKARTA, Newsletter Lemhannas mendapat penghargaan untuk kategori bulletin pada Penganugerahan Penerbit, Majalah, Jurnal, Buletin, Buku dan Grey Literature yang diselenggarakan oleh Perpustakaan Nasional Tahun 2017 dengan disahkan dalam Surat Keputusan Kepala Perpustakaan Nasional Nomor 133 Tahun 2017. Acara yang digelar di International Book Fair, Jakarta Convention Center pada hari Minggu (10/9) dihadiri oleh Kepala Perpustakaan Nasional Republik Indonesia Muhammad Syarif Bando sekaligus memberikan penganugerahan kepada para penerima penghargaan.

Penghargaan Buletin Terbaik Perpustakaan Nasional 2017 diterima langsung oleh Kepala Biro Humas Lemhannas, Brigjen TNI Mindarto. Acara tersebut dibuka dengan sambutan Kepala Perpustakaan Nasional Republik Indonesia mengenai apresiasi sebesar-besarnya kepada para penerbit yang telah aktif dan berpartisipasi menerbitkan karya tulisnya. Beliau menyampaikan bahwa Perpusakaan Nasional pada tahun 2018 akan memulai proses digitalisasi dan edukasi proses pembetulan, pengelolaan, dan pendayagunaan semua karya rekam dan cetak dalam menghadapi perkembangan era digitalisasi. Perpusnas menghimbau kerjasama seluruh penerbit karya rekam dan cetak untuk membuat format digital full text pada penyerahan karyanya dengan kesepakatan hak paten terkait.

Terkait maksud diselenggarakannya kegiatan Penghargaan Perpusnas RI 2017 adalah bentuk apresiasi sebesar-besarnya kepada para penerbit atas partisipasi aktif mengirimkan karya dan upaya untuk meningkatkan pemanfaatan dan implementasi serta sosialisasi digitalisai karya rekam dan cetak penerbit di Perpustakaan Nasional. Hal tersebut diharapkan juga menepis anggapan terhadap ancaman digital yang dapat merugikan keberlangsungan karya cetak melainkan sebaliknya hal tersebut dapat memajukan penerbit dan minat baca pengunjung berdasarkan bukti meningkatnya minat jumlah pembaca pada satu tahun terakhir.

Acara Penghargaan Perpusnas RI 2017 ditutup dengan acara talkshow yang dibawakan oleh Rudi Hernada dengan nara sumber Ibu Rosidayati Rozalina (Ketua Umum IKAPI Pusat), Ibu Kartini (Pimpinan Yayasan Obor) dan Kepala Perpusnas RI dengan tema e-deposit. Acara talkshow tesebut berlangsung penuh antusias dari peserta dengan berbagai pertanyaan pada sesi tanya jawab terkait pelestarian KCKR melalui e-deposit, dampak e-deposit terhadap pencerdasan bangsa, dan pengaruh e-deposit dalam bisnis penerbitan karya elektronik/ digital.

Berikut ini adalah daftar para penerima Penghargaan Penerbit, Majalah, Jurnal, Buletin, Buku dan Grey Literature Perpustakaan Nasional 2017 :

 

Kategori Majalah

Cakrawalan, Dinas Penerangan Markas Bela: Angkatan Laut 
Perkawinan & Keluarga, BP4 Pusat, Kementerian Agama RI,
Majalah Sinar, Badan Narkotika Nasional RI,

 

Kategori Jurnal

Jurnal Ilmu Administrasi, Lembaga Pengembangan Administrasi STIA LAN-RI
Indonesian Mining Journal, Puslitbang Tekmira Kementerian ESDM
Jurnal Pengkajian dan Pengembangan Teknologi, Kementerian Pertanian RI

 

Kategori Buletin

Buletin Parlementaria, Bagian Pemberitaan, Sekretarial Jenderal DPR-RI
Newsletter Lemhannas RI, Biro Humas. Sekretariat Utama, Lembaga Ketahanan Nasional RI

 

Kategori Buku

Gramedia Pustaka Utama
Gajah Mada Universiy Press
Andi
Deepublish
Guepedia

 

Kategori Grey Literature

Universitas Pendidikan Ganesha
Universitas Airlangga
Universitas Padjajaran

Dibaca 109 kali