LEMHANNASRI (c) Telematika Lemhannas RI
08 September

Lemhannas Turut Aktif dalam Tim SIMAN (Sinergi Media Sosial Aparatur Negara)

Lemhannas mengirimkan 26 Aparatur Sipil Negara untuk mengikuti Pelatihan Kaderisasi Sinergi Media Sosial Aparatur Negara (SIMAN) di Gedung Pusat Data dan Informasi, Kementrian Pertahanan RI pada Jumat (8/9). Kegiatan diawali dengan sambutan dari Wakil Ketua SIMAN Pusat, M. Fariza Y. Irwandi, dan dilanjutkan dengan pemaparan materi pertama, membahas tentang latar belakang dan urgensi pembentukan SIMAN Kementerian dan Lembaga.

 

Menurut M.Fariza, latar belakang pembentukan Tim SIMAN karena adanya program, kinerja dan prestasi Pemerintah yang harus disosialisasikan dengan masif, terutama di media sosial. Permasalahan lain yang melatarbelakangi terbentuknya Tim SIMAN karena adanya respon negatif oleh kelompok “haters”, serta maraknya penyebaran berita hoax di masyarakat.

 

Tantangan saat ini yang harus dihadapi oleh Tim SIMAN yakni harus mampu mengkomunikasikan dan menterjemahkan program, kinerja dan prestasi Pemerintah dalam bahasa komunikasi ‘kekinian’ yang mudah dimengerti dan popular. Selain itu kebaradaan Tim SIMAN diharapkan mampu menangkal isu negatif terkait Kementerian dan Lembaga, dan kemudian dilanjutkan dengan tindakan menyebarluaskan ke publik agar pemberitahuan positif lebih dominan.

 

Pemaparan materi kedua oleh salah seorang Wartawan Senior, Irawan Ariefyanto menyampaikan tentang peran strategis media sosial dalam pembentukan opini. Irawan mengatakan bahwa di masa sekarang, sosial media sudah menjadi salah satu penentu sumber informasi publik, dan pembentuk opini masyarakat.

 

Disela-sela kegiatan pelatihan, dihadirkan pula seorang pembicara dari tim kreatif SIMAN Pusat, Nurul Suci yang mengajarkan kepada para peserta pelatihan cara membuat meme menarik dan memviral. Meme menjadi salah satu konten media sosial yang cukup digandrungi dikalangan warganet.

 

Tim SIMAN yang terdiri dari 78 Kementerian dan Lembaga berada dibawah koordinasi Kemenko Polhukam. 

Dibaca 221 kali