LEMHANNASRI (c) Telematika Lemhannas RI
10 Agustus

CSC Singapura Diskusikan Kerja Sama Pendidikan Kepemimpinan dengan Lemhannas RI

 

Disambut oleh Plt Deputi Bidang Pendidikan Tingkat Nasional Mayjen TNI Karsiyanto, Delegasi Civil Servant College of Singapore (CSC Singapura) yang dipimpin oleh Direktur CSC Singapura Tina Ng Saw Tin selaku Asisten Manager dari CSC of Singapore melakukan kunjungan kehormatan ke Lemhannas RI di Ruang Tamu Gubernur, Gedung Trigatra, Lemhannas RI pada Kamis (10/8).

 

Dalam kunjungan tersebut, Karsiyanto menyampaikan selamat datang dan permintaan maaf atas ketidakhadiran Gubernur dan Wakil Gubenrnur dikarenakan ada kegiatan yang tidak dapat ditunda. “Saya menyampaikan selamat datang dan kami memohon maaf atas ketidakhadiran Gubernur dan wakil Gubernur,” jelas Karsiyanto.

 

Selain menyampaikan salam hormat Gubernur dan Wakil Gubernur Lemhannas RI, Karsiyanto juga menyampaikan bahwa hasil diskusi kali ini akan dilaporkan kepada Gubernur Lemhannas Ri, Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo.

 

Sementara itu pimpinan delegasi CSC Singapura Tina Ng Saw Tin menyampaikan kunjungan kali ini bukanlah merupakan kunjungan pertama CSC ke Lemhannas RI. Tina juga menuturkan bahwa CSC adalah lembaga yang memiliki kemiripan tugas dengn Lembaga Administrasi Negara di Indonesia. CSC mendidik Pegawai Negeri di Singapore dari berbagai institusi dan jabatan dan lebih fokus kepada pengabdian kepada masyarakat.

 

Dalam pertemuan ini, Tina berharap dapat mendiskusikan lebih lanjut mengenai kerja sama dengan Lemhannas RI terkait dengan program kepemimpinan. Mengenai pendanaan, CSC menuturkan bahwa para pegawai negeri yang menempuh pendidikan di CSC membayar secara mandiri dan program yang ditawarkan kepada pengabdian masyarakat di Singapore adalah program yang dibutuhkan oleh pengabdian masyarakat di Singapura, bukan yang dibutuhkan oleh masing-masing kementerian atau lembaga pemerintah.

 

Tina menurutkan bahwa CSC menganalisis apa yang dibutuhkan oleh pengabdian masyarakat Singapura, membentuk program yang sesuai dan menawarkannya kepada kementerian atau lembaga pemerintah untuk dapat memutuskan program yang sesuai untuk diikuti di CSC Singapura.

 

Beberapa hal yang menjadi fokus CSC Singapura, lanjut Tina, adalah kepemimpinan dalam penyelanggaraan pemerintahan, administrasi publik dan pelayanan dan komunikasi kepada masyarakat. Pelatihan-pelatihan yang disediakan oleh CSC dapat diikuti oleh seluruh kementerian karena sifat dari pelatihan tersebut adalah pelatihan dasar.

 

Karsiyanto menanggapi positif maksud kerja sama yang disampaikan oleh pihak CSC Singapura dan diskusi tersebut dilanjutkan dengan diskusi yang lebih mendalam mengenai program-program pendidikan yang dapat dijadikan kerja sama oleh kedua institusi.

 

Hadir mendampingi Deputi Pendidikan Tingkat Nasional dalam pertemuan tersebut adalah Prof. Fasbir, Plt Kepala Biro Kerja Sama Mayjen TNI Ivan Ronald Pelealu, Kepala Biro Humas Brigjen TNI Mindarto, dan Kepala Bagian Kerja Sama Internasional Kolonel Lek Rujito.

 

Dibaca 260 kali