LEMHANNASRI (c) Telematika Lemhannas RI
04 Juli

Halalbihalal Lemhannas RI dalam Rangka Peringatan Hari Idul Fitri 1438 H

 

Pada Selasa (4/7), Keluarga Besar Lemhannas RI mengadakan halalbihalal dalam rangka memperingati Hari Raya Idul Fitri 1438 H di Lapangan Tengah, Lemhannas RI. Halalbihalal  tersebut diawali dengan apel pagi dan sambutan dari Gubernur Lemhannas RI Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo.

 

Dalam sambutannya, Agus Widjojo menuturkan bahwa setelah satu bulan telah menjalankan ibadah puasa, umat muslim Indonesia selalu melakukan halalbihalal sebagai salah satu tradisi Idul Fitri yang telah berlangsung lama di Indonesia. Halalbihalal sendiri, lanjut Agus Widjojo, merupakan ungkapan rasa dan sikap saling memaafkan kesalahan dan kekhilafan pada diri masing-masing.

 

Maka dari itu, ujar Agus Widjojo, halal bi halal ini mengandung hikmah yaitu menguatnya kembali akhlak, morak, etika yang baik serta meningkatkan kinerja guna mengantisipasi dan menjawab berbagai tantangan tugas maupun tanggung jawab di masa depan.

 

Berkaitan dengan tradisi halalbihalal, Agus Widjojo mengatakan bahwa di negara lain seperti Arab, tradisi saling meminta maaf justru dilakukan saat menyambut datangnya bulan Ramadan. Tradisi-tradisi yang berbeda ini, lanjut Agus Widjojo, memiliki masing-masing alasan yang dapat diterima.

 

Acara halalbihalal tersebut dilanjutkan dengan acara inti yaitu saling bersalaman dan bermaafan antar seluruh pejabat dan staf Lemhannas RI dan ditutup dengan makan bersama.

 

Dibaca 354 kali