Parallel Session Jurnal Kajian Lemhannas RI, Reni Mayerni: “Publikasi Hasil Penelitian sebagai Upaya Meningkatkan Daya Saing di Forum Internasional”

“Publikasi hasil penelitian Indonesia di dunia internasional masih sangat rendah, terutama publikasi di media yang terindeks di peng-indeks internasional bereputasi, salah satu faktor penyebabnya adalah budaya menulis yang belum berkembang di masyarakat”, ujar Deputi Pengkajian Strategik Lemhannas RI Prof. Dr. Ir. Reni Mayerni, M.P. saat membuka kegiatan Parallel Session Jurnal Kajian Lemhannas RI. Hal tersebut juga yang menjadi dorongan utama bagi Lemhannas RI mengadakan kegiatan parallel session ini.

Kegiatan parallel session yang berlangsung pada hari Kamis (25/2) secara daring ini, diikuti oleh para peserta yang berasal dari institusi dan berbagai perguruan tinggi diantaranya adalah Universitas Gadjah Mada, Universitas Indonesia, Universitas Pelita Harapan, dan Universitas Cenderawasih.

Pada kesempatan ini, Reni memberikan dorongan kepada para peserta untuk melakukan penelitian yang disertai dengan mendistribusikan hasil penelitiannya. “Dengan dipublikasikannya hasil penelitian pada jurnal ilmiah, peneliti akan mendapatkan banyak masukan dan sekaligus kesempatan untuk lebih mengembangkan penelitian pada masa-masa mendatang,” ujar Prof. Dr. Ir. Reni Mayerni, M.P. 

Menurut Reni, hasil-hasil penelitian tersebut akan sangat bermanfaat bagi masyarakat luas, baik itu untuk kepentingan praktis maupun pengembangan teoritis. Rendahnya tingkat publikasi jurnal ilmiah Indonesia memang cukup menjadi sorotan. Menurut situs olahan pemeringkatan publikasi ilmiah SCImago Lab. (www.scimagojr.com) saat ini Indonesia berada di peringkat 47 dengan total 158.733 dokumen/jurnal terunggah. Posisi Indonesia masih tertinggal dengan negara ASEAN lain seperti Thailand, Malaysia dan Singapura, yang mana masing-masing berada pada peringkat 44,34 dan 33.

Dalam parallel session kali ini para peserta mendapatkan kesempatan untuk melakukan bimbingan atau berkonsultasi mengenai jurnal ilmiah yang akan atau sedang dibuat. Para pembimbing/reviewer yang turut serta hadir adalah Ketua Pusat Studi Pancasila Universitas Gajah Mada, Drs. Agus Wahyudi, M.Si., M.A., Ph.D., peneliti School of Strategic and Global Universitas Indonesia Dr. Margaretha Hanita, S.H., M.Si., kemudian dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia UI Dr. Telisa Aulia Falianty, SE, ME., dan yang terakhir, Kasubdit Jian Pimnas Ditjian Ideologi dan Politik Debidjianstrat Lemhannas RI, Kolonel Laut (KH) Dr. Dwi Hartono, S.Pd, M.AP.

Jumlah paper atau naskah jurnal ilmiah yang terkumpul pada kegiatan kali ini berjumlah 24 buah. Diharapkan, dari riset-riset yang dibangun oleh para author ini menjadi sebuah upaya bagi perguruan tinggi, termasuk dalam hal ini Lemhannas RI untuk meningkatkan daya saing di forum internasional. Lebih jauh, Jurnal Kajian Lemhannas RI diharapkan bisa menjadi komponen penting dalam pilar ketahanan nasional baik dalam segi pembangunan ekonomi, politik dan sosial budaya.



Hak cipta © 2021 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749