Audiensi Lemhannas RI dengan Partai Keadilan Sejahtera

Gubernur Lemhannas RI Letjen TNI (Purn.) Agus Widjojo menerima rombongan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang datang untuk beraudiensi bertempat di Ruang Rapat Nusantara II, Kamis, 11 Februari 2021. Hadir pada audiensi tersebut Ketua Fraksi PKS DPR RI yang juga merupakan Anggota Komisi I DPR RI Dr. H. Jazuli Juwaini, Lc., M.A. didampingi oleh Ketua Dewan Syariah DPP PKS yang juga Anggota Komisi II DPR RI Dr. K.H. Surahman Hidayat, M.A. dan Anggota Komisi I DPR RI Dr. Sukamta.

Ketua Fraksi PKS DPR RI/Anggota Komisi I DPR RI Dr. H. Jazuli Juwaini, Lc., M.A. menyampaikan ucapan terima kasih atas penerimaan audiensi tersebut. Kemudian Jazuli menyampaikan bahwa audiensi tersebut diadakan karena Lemhannas RI dan PKS sama-sama menaruh perhatian untuk berpikir tentang kebangsaan. Lebih lanjut Jazuli menyampaikan bahwa Dewan Syariah DPP PKS akan membuat Sekolah Etik dan Fraksi PKS akan menyelenggarakan Mimbar Demokrasi yang diselenggarakan tiap dua pekan. Oleh karena itu, PKS merasa personel Lemhannas RI adalah Sumber Daya Manusia yang tepat sebagai narasumber. “Mudah-mudahan kemitraan kita bukan saja di parlemen, di partai, difraksi dan seterusnya, kita bermitra dalam segala hal dalam mengokohkan ketahanan dan wawasan kebangsaan,” kata Jazuli.

Kegiatan tersebut merupakan bentuk dari rasa tanggung jawab PKS untuk menjaga warisan para pendiri bangsa, agar generasi yang datang juga memiliki wawasan kebangsaan yang utuh dan integral. “Kita ingin mata rantai sejarah perjuangan anak bangsa dipahami secara utuh, dengan pemahaman yang utuh nanti bisa mengilhami serta didikan dan ajaran yang disampaikan oleh para senior bisa menjadi karakter bagi generasi bangsa kita,” ujar Jazuli.

“Indonesia, buat kami di PKS, adalah rumah kita bersama,” tutur Jazuli. Jazuli juga berpandangan bahwa Indonesia yang besar tidak bisa hanya dijaga oleh sebagian anak bangsa, tapi seluruh anak bangsa harus bahu membahu menjaga negara. PKS hadir dalam sebuah partai politik karena ingin mengokohkan nilai-nilai kebangsaan. “Kebangsaan adalah tanggung jawab kita bersama,” kata Jazuli.

Menanggapi hal tersebut, Agus menerima kunjungan tersebut sebagai pertemuan dalam rangka membangun wawasan kebangsaan. “Saya menyampaikan apresiasi atas pemikiran dan visi yang ada pada pimpinan PKS untuk membangun sekolah etik, untuk juga menempatkan diri sebagai bagian dari keluarga besar kebangsaan,” kata Agus. Dalam kesempatan tersebut, Agus memberikan gambaran dan sejarah mengenai Lemhannas RI. Agus menyampaikan bahwa Lemhannas RI merupakan Lembaga Pemerintah Non Kementerian (LPNK) yang berisfat independen dan non partisan. Oleh karena itu, di dalam setiap melaksanakan peran dan fungsi konstitusionalnya, Lemhannas RI tidak pernah menempatkan diri untuk bersifat partisan dengan partai politik mana pun dan menempatkan diri berfungsi sebagai lembaga independen. Lemhannas RI juga belum pernah melakukan kerja sama dengan partai politik mana pun. Namun, jika Lemhannas RI dibutuhkan dalam rangka mengisi materi dalam acara apapun yang diperlukan oleh PKS, yang termasuk dalam bidang-bidang yang menjadi inti Lemhannas RI, Agus merasa akan selalu siap memberikan pembekalan dan pelatihan.

Pada kesempatan tersebut, turut hadir Wakil Gubernur Lemhannas RI Marsdya TNI Wieko Syofyan, Plt. Sekretaris Utama Lemhannas RI yang juga merupakan Deputi Pengkajian Strategik Prof. Dr. Ir. Reni Mayerni, M.P, Deputi Pendidikan Pimpinan Tingkat Nasional Mayjen TNI Rahmat Pribadi, Deputi Pemantapan Nilai-Nilai Laksdya TNI Prasetya Nugraha, S.T., M.Sc, Wakil Koordinator Tenaga Profesional Mayjen TNI (Purn.) Imam E. Maksudi, S.E, Tenaga Profesional Bidang SKA dan Ketahanan nasional Prof. Dr. Ir. Dadan Umar Daihanim D.E.A., Tenaga Profesional Bidang Ekonomi dan Strategi Dr. Rosita S. Noer, M.A., Tenaga Profesional Bidang Kewaspadaan Nasional dan Ideologi Mayjan TNI (Purn.) Dr. I Putu Sastra Wingarta, S.I.P., M.Sc, serta Kepala Biro Kerja Sama dan Hukum Laksma TNI Sri Widodo, S.T., CHRMP.

 



Hak cipta © 2024 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749