Penutupan Penguatan Kapasitas Tenaga Kependidikan Lemhannas RI

“Saya yakin bahwa seluruh peserta telah memahami dan memiliki persepsi yang sama dalam proses penyelenggaraan program pendidikan pada tahun 2021 Lemhannas RI secara menyeluruh,” kata Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia (Lemhannas RI) saat menutup kegiatan Penguatan Kapasitas Tenaga Kependidikan, Rabu (20/01).

Agus juga menyampaikan bahwa kegiatan tersebut diharapkan menghasilkan kesamaan persepsi dan pemahaman tentang pelaksanaan program pendidikan PPRA 62 dan PPSA 23 Tahun 2021 Lemhannas RI. Berbagai penjelasan terkait konsep dasar ketahanan nasional, sistem pengukuran ketahanan nasional, mekanisme operasional pendidikan, esai blok, dan juknis penilaian peserta telah disampaikan. Hal yang telah disampaikan selama kegiatan Penguatan Kapasitas Tenaga Kependidikan harus benar-benar dikuasai, dipahami serta diimplementasikan secara konsisten dan sungguh-sungguh dengan penuh kepedulian, komitmen, dan rasa tanggung jawab untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Lemhannas RI.

“Dengan demikian, saudara-saudara yang nantinya akan menjalankan tugas dan fungsi sebagai penceramah, tutor, pembahas, narasumber, pendamping, moderator dan tugas-tugas lain dalam penyelenggaraan pendidikan akan mampu menunjukkan performa dan kinerja yang dapat dibanggakan oleh peserta didik maupun oleh Lemhannas RI,” kata Agus.

Pada kesempatan tersebut, Agus juga menyampaikan beberapa pesan. Pertama, Agus mengimbau seluruh peserta agar dapat beradaptasi dengan situasi dan kondisi terkini saat ini. Kedua, seluruh peserta harus berpikir, bersikap dan bertindak secara profesional, simpatik, dan bertanggung jawab dalam menjalankan tugas dan perannya masing-masing serta beretika. Ketiga, peserta diharapkan memberikan contoh dan keteladanan bagi para peserta didik, sehingga transformasi dalam pembentukan watak dan karakter sebagai pemimpin tingkat nasional yang andal dapat diwujudkan. Keempat, seluruhnya harus berperan sebagai motivator yang kreatif, inovatif, visioner serta memiliki wawasan kebangsaan yang kuat, guna memperkuat pola pikir dan pola tindak peserta didik.



Hak cipta © 2024 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749