Pelaksanaan Daftar Ulang Calon Peserta PPRA 62

Sebelum dimulainya Program Pendidikan Reguler Angkatan (PPRA) 62, sebanyak 80 orang calon Peserta PPRA 62 mengikuti daftar ulang bertempat di Ruang Diponegoro Gedung Pancagatra Lemhannas RI, Jakarta. Daftar ulang dilaksanakan selama 3 hari, yakni 12 sampai dengan 14 Januari 2021. Sebelumnya, para calon peserta PPRA 62 telah dinyatakan lulus Tes Potensi Akademik (TPA) dan Tes Psikotes.

Sebelum melakukan daftar ulang secara tatap muka, Lemhannas RI memberikan seluruh peserta user id dan password untuk mengakses e-peserta dan sejumlah formulir yang harus diisi. Saat melakukan daftar ulang secara tatap muka di Lemhannas RI, peserta diminta menyerahkan hasil swab test bebas COVID-19. Selanjutnya peserta diambil foto diri untuk kartu identitas, lalu registrasi awal untuk melengkapi berkas tambahan yang dibutuhkan selama masa pendidikan, kemudian pemeriksaan paspor dan penyerahan berkas softfile. Setelahnya peserta akan diverifikasi untuk kebutuhan e-peserta, lalu diberikan penyerahan jadwal pendidikan dan materi pendidikan.

Calon Peserta PPRA 62 berjumlah 80 orang yang terdiri dari beberapa unsur yakni unsur Aparatur Sipil Negara (ASN) sebanyak 16 orang, unsur Tentara Nasional Indonesia (TNI) sebanyak 35 orang, unsur Polisi Republik Indonesia (Polri) sebanyak 14 orang, dan unsur lainnya sebanyak 15 orang. Berbeda dengan angkatan sebelumnya, PPRA 62 tidak diikuti peserta dari negara sahabat dikarenakan sejak awal diselenggarakan di tengah pandemi COVID-19.

PPRA merupakan salah satu program pendidikan yang diselenggarakan oleh Lemhannas RI. Selain PPRA, Lemhannas RI juga berencana menyelenggarakan Program Pendidikan Singkat Angkatan (PPSA) pada tahun 2021. Awalnya PPRA disebut dengan Kursus Reguler Angkatan (KRA) dan dimulai pada tahun 1965. KRA I Tahun 1965 dibuka langsung oleh Presiden Soekarno dan dilanjutkan dengan kuliah pertama mengenai geopolitik. Setelah 56 tahun, KRA telah berubah menjadi PPRA dan sudah diselenggarakan hingga 62 kali.

 



Hak cipta © 2024 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749