Pelatihan untuk Pelatih dan Taplai secara Virtual Resmi Ditutup

Pelatihan untuk Pelatih/ Training of Trainers (ToT) serta Pembinaan dan Pelaksanaan Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan (Taplai) secara virtual Tahun anggaran 2020 resmi ditutup pada Senin (7/12) di Ruang Dwi Warna, Gedung Panca Gatra, Lemhannas RI.

Kegiatan yang dimulai pada tanggal 14 September 2020 tersebut diikuti oleh 1270 peserta yang terdiri dari sepuluh angkatan, yaitu Pelatihan untuk Pelatih/Training of Trainers (ToT) Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan terhadap dosen, guru dan widyaiswara dari berbagai daerah sebanyak enam angkatan, serta Pembinaan dan Pelaksanaan Pemantapan Nilai-nilai Kebangsaan secara virtual terhadap birokrat, akademisi, tokoh masyarakat dan organisasi profesi dari berbagai daerah sebanyak empat angkatan. “Sebagian besar peserta berharap program seperti ini dapat dilakukan lebih intensif dan bila memungkinkan dilaksanakan secara tatap muka,” ujar Deputi Pemantapan Nilai-nilai Kebangsaan Lemhannas RI, Laksda TNI Prasetya Nugraha, S.T., M.Sc.

 “Seluruh rangkaian kegiatan ini dimaksud untuk menyegarkan kembali dan memperkuat pemahaman Nilai-Nilai Kebangsaan yang Saya yakini telah Bapak dan Ibu miliki,” ujar Wakil Gubernur Lemhannas RI Marsdya Wieko Syofyan saat membacakan sambutan Gubernur Lemhannas RI Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo.

Dengan kapasitas dan kapabilitas yang dimiliki, lanjut Wieko, peserta diharapkan dapat menerapkan metode proses belajar mengajar dan sebagai elemen masyarakat juga komponen bangsa dalam mengisi kemerdekaan. Selain itu, berbekal wawasan kebangsaan yang kuat, diharapkan berbagai perbedaan dan permasalahan yang dihadapi dapat diatasi dengan pola pikir, pola sikap, dan pola tindak yang komprehensif, integral, dan holistik, dalam rangka menjaga keutuhan NKRI.

“Saya berharap materi-materi yang telah diterima selama mengikuti kegiatan Pelatihan untuk Pelatih serta pembinaan dan pelaksanaan Pemantapan Nilai-nilai Kebangsaan, mampu memotivasi peserta untuk menjalani peran dan tugas masing-masing dengan senantiasa menjunjung tinggi Empat Konsensus Dasar Bangsa,” ujar Wieko.

Wieko juga mengucapkan terima kasih dan memberikan penghargaan kepada panitia penyelenggara, para narasumber, dan peserta yang telah melaksanakan kegiatan secara virtual ini secara tertib dan lancar.

 



Hak cipta © 2021 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749