Lemhannas RI Selenggarakan Forum Diskusi dengan Pemimpin Redaksi Media

“Forum diskusi ini merupakan wadah silaturahim antara pimpinan Lemhannas RI  dengan para pemimpin redaksi beserta para rekan – rekan wartawan media yang bertujuan untuk mempererat hubungan dalam melakukan sinergi peran kita bersama bagi bangsa dan negara,” kata Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia Letjen TNI (Purn.) Agus Widjojo saat memberi sambutan pada Forum Diskusi dengan Pemimpin Redaksi Media dengan tema “Ketahanan Nasional di Tengah Pandemi” secara daring, Kamis (26/11).

 

Memulai diskusi tersebut, Tenaga Profesional Bidang Sumber Kekayaan Alam dan Ketahanan Nasional Lemhannas RI Prof. Dr. Ir. Dadan Umar Daihani, D.E.A. membawakan materi mengenai “Penguatan Ketahanan Nasional di Tengah Pandemi COVID-19”. Prof. Dadan menyampaikan bahwa Pandemi COVID-19 telah mempengaruh hampir semua aspek kehidupan. Hal ini tentu saja mengganggu ketangguhan ketahanan nasional Indonesia di berbagai aspek yang ada di dalamnya. “COVID-19 tidak hanya menginfeksi manusia, tapi juga ketahanan nasional. Pandemi global yang sudah berlangsung lama dan belum dapat diperkirakan kapan akan berakhir, membawa kecemasan dan kepanikan secara global,” kata Prof. Dadan melanjutkan.

 

Berdasarkan Indeks Ketahanan Nasional pada Desember 2019 dan Juli 2020, hasil pengukuran Laboratorium Ketahanan Nasional memperlihatkan bahwa COVID-19 berpengaruh pada Ketahanan Nasional. Hal ini terlihat dari adanya penurunan Indeks Ketahanan Nasional yang menunjukkan bahwa Indeks Ketahanan Nasional pada bulan Juli 2020 seolah kembali pada kondisi tahun 2015. Lebih lanjut Prof. Dadan menyampaikan bahwa pandemi ini berpengaruh langsung pada Gatra Demografi, Ekonomi, selanjutnya berdampak pada gatra Politik, Sosial Budaya, Ideologi dan gatra lainnya.

Dalam diskusi daring tersebut, Lemhannas RI merekomendasikan bahwa Indonesia perlu membangun Konsep Dasar Ketahanan Nasional di Masa Depan. “Strategi Penguatan Ketahanan Nasional  sebagai landasan pembangunan bangsa di mana prioritas pembangunan ketahanan nasional adalah penguatan ketahanan insani,” kata Prof. Dadan.

 

Ada tiga aspek ketahanan nasional yang perlu diperhatikan, lanjut Prof. Dadan, yaitu ketahanan sosial budaya dan ideologi, ketahanan ekonomi berbasis prinsip kedaulatan dan kemandirian, ketahanan politik dalam arti kapasitas pemerintahan, serta pola manajemen sistem pemerintahan perlu dievaluasi guna meningkatkan harmonisasi pelaksaan kebijakan di tingkat pusat dan daerah.

 



Hak cipta © 2021 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749