Lemhannas RI Kembali Selenggarakan Jakarta Geopolitical Forum

Pada Rabu dan Kamis, 21-22 Oktober 2020, Lemhannas RI kembali mengadakan acara Jakarta Geopolitical Forum (JGF) Tahun 2020 untuk keempat kalinya dengan mengangkat tema “Geopolitical Landscape In The Covid-19 Era” di MNC Tower, Jakarta yang dilaksanakan secara virtual dan tetap mematuhi protokol kesehatan.

 

Acara tersebut dibuka oleh Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia (Lemhannas RI) Letjen TNI (Purn.) Agus Widjojo dan dilanjutkan dengan kata sambutan oleh Menteri Luar Negeri Republik Indonesia Ibu Retno Lestari Priansari Marsudi, S.H., LL.M. serta Wakil Presiden Republik Indonesia 2009-2014 Prof. Dr. Boediono secara virtual. Turut hadir di lokasi, mantan Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat Dino Pati Djalal.

 

Pada sesi satu dengan tema “Strategic Implications of Covid-19 to Geopolitic” yang dimoderatori oleh Duta Besar Imron Cotan, hadir sebagai pembicara yaitu Menteri Perdagangan 2011-2014 Gita Wirjawan, Vice President of Janes Group Ltd Harry Kemsley, OBE, dan Janes Senior Analyst for Asia Pacific Military Capabilities Rukmani Gupta. Pada sesi pertama terdapat beberapa penanggap, yaitu Senior Expert Scowcroft Center for Strategy and Security Atlantic Council Tate Nurkin dan Sean Corbett dari Royal Air Force.

Kemudian pada sesi kedua dengan tema “Policy Implications of COVID-19 in the Context of National Resillience” yang dimoderatori oleh Duta Besar Makarim Wibisono, hadir sebagai pembicara, yaitu Janes Senior Analyst for Asia Pacific Military Capabilities Mark Wilson dan Security Analyst London School of Economics Judith Jacob. Pada sesi kedua terdapat dua penanggap, yaitu Penulis Anthony Davis dan Taprof Bid. SKA Lemhannas RI Prof. Dr. Ir. Dadan Umar Daihani, DEA.

 

Pada hari kedua, hadir sebagai pembicara Taprof Lemhannas RI Bid. Strategi dan Hubungan Internasional Laksda TNI (Purn) Robert Mangindaan, Direktur Eksekutif Akar Rumput Strategic Consulting Dimas Oky Nugroho, dan Direktur Institute for Development of Economics and Finance Dr. Enny Sri Hartati.



Hak cipta © 2021 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749