Peringati Hari Guru Nasional, Alumni Pelatihan untuk Pelatih (PUP)/Training of Trainers (ToT) Selenggarakan Webinar tentang Profesionalisme Guru

Alumni Pelatihan untuk Pelatih (PUP)/Training of Trainers (ToT) bagi Dosen, Guru dan Widyaiswara Angkatan ke II Lemhannas RI Tahun 2020 kembali menyelenggarakan Webinar dalam rangka memperingati Hari Guru Nasional yang diselenggarakan pada Kamis (26/11). Webinar yang menggandeng Ikatan Keluarga Alumni Lemhannas (IKAL) Komisariat Provinsi Kalimantan Selatan ini merupakan Webinar Series kedua dan mengangkat tema “Peningkatan Profesionalisme Guru Sebagai Benteng Ketahanan Negara di Era Pandemi Covid 19”

 

Webinar Series kedua ini dibuka langsung oleh Ketua Ikatan Keluarga Alumni Lemhannas (IKAL) Komisariat Provinsi Kalimantan Selatan Bapak Drs. Zulkifli, M.P. Hadir sebagai pembicara kunci pada kegiatan tersebut Direktur Pendidikan Profesi dan Pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan Ditjen Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK)  Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI Dr. Praptono, M.Ed. Praptono dalam pidatonya menyampaikan model kompetensi guru, di antaranya penguasaan pengetahuan profesional, praktik pembelajaran profesional, dan pengembangan profesi yang berkelanjutan.

 

Kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan oleh dua narasumber, yaitu Direktur GTK Madrasah Direktorat Pendidikan Islam Kementerian Agama RI Dr. Muhammad Zein, M. Ag. dan Ketua Asosiasi Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Indonesia Dr. Sri Rahmi, M.A. Sri memaparkan ciri-ciri guru sukses, antara lain selalu mempunyai kelebihan satu cara dalam menghadapi suatu permasalahan dan menjalin komunikasi dan saling sinergi dengan orang tua maupun keluarga siswa/murid. Lebih lanjut Sri mengingatkan, dalam menjadi guru milenial, guru harus dapat memperkuat literasi, menggunakan internet dan media sosial secara bijak, terbuka terhadap pengalaman baru dan membangun ide dan visi ke depan, serta percaya diri.

 

 

 

Webinar yang dipandu oleh Dr. Suhari Dr. Sutoro selaku Moderator ini diikuti oleh 289 peserta. Peserta berasal dari berbagai Provinsi di Indonesia dan dari Malaysia serta Amerika.

 

 



Hak cipta © 2021 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749