Cetak

Agus: Jadikan Tugas Sebagai Amanah, Tanggung Jawab, dan Kehormatan

“Upacara pelantikan ini merupakan ketiga kalinya dilaksanakan berbeda dari biasanya, dikarenakan adanya wabah Virus Corona yang sedang terjadi di Indonesia dan bahkan di banyak negara,” kata Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia (Lemhannas RI) Letjen TNI (Purn.) Agus Widjojo pada Upacara Pelantikan dan Pengangkatan Sumpah Janji serta Pelepasan Pejabat Eselon, Kamis (15/10). Seperti upacara pelantikan dan pelepasan sebelumnya, upacara tersebut hanya dihadiri langsung oleh 5 perwakilan pejabat yang dilantik dan 5 perwakilan pejabat tinggi Lemhannas RI, sedangkan tamu undangan lainnya menghadiri melalui conference call.

Dari sejumlah pejabat yang dilantik, salah satu di antaranya adalah Deputi Bidang Pemantapan Nilai-Nilai Lemhannas RI Laksda TNI Prasetya Nugraha, S.T., M.Sc. Sedangkan, salah satu pejabat yang dilepas adalah Tenaga Pengajar Marsda TNI Julexi Tambayong untuk bertugas menjadi Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pertahanan RI.

“Pelantikan dan pengangkatan pejabat dalam suatu organisasi bukanlah sekedar kepercayaan dan kehormatan semata, tetapi juga merupakan amanah,” kata Agus. Oleh karena itu, Agus berpesan agar para pejabat melaksanakan amanah tersebut dengan sungguh-sungguh, ikhlas dan penuh rasa tanggung jawab dengan melakukan yang terbaik.

Selanjutnya Agus menyampaikan selamat datang kepada 22 pejabat eselon I, II, III, dan IV atas jabatan baru yang telah diberikan oleh negara dan mengucapkan selamat datang di lingkungan Lemhannas RI. Agus berharap setiap pejabat dapat segera menyesuaikan diri dengan tugas dan lingkungan kerja di Lemhannas RI. “Jadikan tugas sebagai amanah, tanggung jawab dan kehormatan yang dijunjung setinggi-tingginya,” kata Agus. Agus yakin dengan bekal pengalaman dan kemampuan yang dimiliki, pejabat yang dilantik akan mampu berperan aktif dan menerapkan standar tinggi dalam bekerja, menularkan komitmen kuat pada semua lini untuk mengubah pola pikir dan budaya kerja yang berorientasi pada efisiensi, efektivitas, produktivitas  dan profesionalisme.

Menurut Agus, kepemimpinan dan keteladanan setiap pejabat yang dilantik akan sangat menentukan sukses dan lancarnya program maupun sasaran organisasi, karena sikap pimpinan sangat menentukan sikap bawahan dan pegawai lainnya.

Mengakhiri sambutannya, Agus mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada 13 pejabat eselon I, II, dan III yang dilepas atas pengabdian dan kerja keras selama ini. Agus menegaskan bahwa kinerja dan seluruh prestasi tentu menjadi inspirasi bagi generasi penerus di Lemhannas RI.

Pelantikan dan pengangkatan sumpah janji serta pelepasan tersebut berdasarkan pada Keputusan Gubernur Lemhannas RI Nomor 87 Tahun 2020 Tanggal 30 Juni 2020, Keputusan Gubernur Lemhannas RI Nomor 88 Tahun 2020 Tanggal 2 Juli 2020, Keputusan Gubernur Lemhannas RI Nomor 101 Tahun 2020 Tanggal 30 Juli 2020, Keputusan Gubernur Lemhannas RI Nomor 103 Tahun 2020 Tanggal 3 Agustus 2020, Keputusan Gubernur Lemhannas RI Nomor 106 Tahun 2020 Tanggal 14 Agustus 2020, Keputusan Gubernur Lemhannas RI Nomor 117 Tahun 2020 Tanggal 2 September 2020, Keputusan Gubernur Lemhannas RI Nomor 120 Tahun 2020 Tanggal 24 September 2020, Keputusan Gubernur Lemhannas RI Nomor 122 Tahun 2020 Tanggal 28 September 2020, serta Keputusan Gubernur Lemhannas RI Nomor 130 Tahun 2020 Tanggal 2 Oktober 2020.