Agum Gumelar: Saya Yakin dari PPRA 61 Akan Lahir Pemimpin

Ketua Umum Ikatan Keluarga Alumni Lemhannas RI (IKAL) Jenderal TNI (Purn) Agum Gumelar memberikan pembekalan kepada peserta Program Pendidikan Reguler Angkatan (PPRA) 61, Senin (05/10). Dalam kesempatan tersebut, Agum menjelaskan bahwa IKAL adalah satu-satunya organisasi dan wadah untuk para alumni Lemhannas RI. Saat ini IKAL sudah memiliki Dewan Pengurus Pusat yang baru terpilih Agustus lalu dan memiliki 30 Komisariat Provinsi yang tersebar di seluruh Indonesia.

“Pendidikan di Lemhannas RI ini akan menghasilkan alumni-alumni yang kita harapkan ke depan menjadi seorang pemimpin dan menjadi seorang staf,” ujar Agum. Lebih lanjut Agum menyampaikan bahwa ketika nantinya peserta kembali dalam melaksanakan tugas pasca pendidikan Lemhannas RI, diharapkan pada peserta agar menjadi pemimpin yang baik. Seorang pemimpin yang baik artinya memiliki tekad dan keinginan yang kuat untuk melanjutkan apa yang sudah baik yang dilakukan pendahulu. “Lanjutkan apa yang baik dan tinggalkan apa yang tidak baik,” kata Agum.

Selanjutnya Agum mengingatkan bahwa saat ini adalah era global yang kental dengan ciri kompetitif dan semakin bertambahnya peran pihak swasta. Oleh karena itu, ke depannya peran pemerintah adalah memberdayakan, melayani, dan memfasilitasi. Artinya pemimpin yang dibutuhkan adalah pemimpin yang bisa melayani masyarakat. “Jadilah pemimpin yang bisa menjadi kepala pelayan masyarakat yang melayani masyarakat,” kata Agum.

Agum juga menyampaikan bahwa setelah melihat perkembangan PPRA 61, ada keyakinan bahwa PPRA 61 akan melahirkan pemimpin masa depan. “Saya yakin dari PPRA 61 akan lahir pemimpin ke depan,” tutur Agum.



Hak cipta © 2021 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749