Agum Gumelar Kembali Terpilih Menjadi Ketua Umum IKAL

Menjelang berakhirnya kepengurusan Ikatan Keluarga Alumni Lemhannas RI (IKAL) Masa Bakti 2015-2020, IKAL mengadakan Musyawarah Nasional (Munas) IV guna menentukan kepengurusan IKAL periode berikutnya di Ruang Dwi Warna, Gedung Pancagatra, Kamis,(27/8). Munas IV tersebut juga disiarkan secara virtual agar dapat diikuti oleh para peserta yang tidak dapat hadir di tempat penyelenggaraan.

Sebelum memulai Munas IV, Ketua Umum IKAL Jenderal TNI (Purn) Agum Gumelar menyampaikan ucapan terima kasih kepada panitia Munas IV atas kerja kerasnya sehingga Munas IV tersebut dapat terlaksana. Agum juga mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Lemhannas RI atas dukungan dan kerja sama pada setiap kegiatan IKAL selama ini. “Saya sangat berharap, siapa pun gubernurnya nanti dan siapa pun Ketua Umum IKALnya nanti, hubungan kerja seperti ini tetap bisa terlaksana dengan baik,” kata Agum.

Kemudian Agum juga berpesan kepada seluruh peserta Munas IV agar melaksanakan Munas IV dengan penuh pengertian, yakni mengerti  tujuan Munas IV dilaksanakan, dan pelaksanaan Munas IV yang serba terbatas karena dilaksanakan di tengah pandemi Covid-19. Kemudian Agum juga menghimbau agar seluruh peserta melaksanakan Munas IV dengan sungguh-sungguh dengan mematuhi tata tertib dan peraturan yang berlaku. 

“Munas ini adalah Munas IKAL, suatu organisasi yang begitu prestisius. Jadi saya mohon seluruh peserta untuk mengikutinya dengan penuh rasa kerja sama, kebersamaan, dan gembira,” kata Agum.

“Di tengah pasang surut dan dinamika kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara dalam lima tahun terakhir, IKAL senantiasa menunjukkan komitmen dan konsistensinya dalam memberikan berbagai sumbangsihnya baik tenaga, pemikiran, materil maupun moril bagi kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,” kata Gubernur Lemhannas RI Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo saat memberikan sambutan.

Menurut Agus, capaian tersebut tentu tidak terlepas dari kualitas, integritas, dan soliditas kepengurusan IKAL masa bakti 2015-2020. Hal tersebut harus dijadikan sebagai motivasi dan sumber inspirasi untuk memantapkan langkah dan pikiran dalam menentukan kepengurusan IKAL periode berikutnya, agar IKAL semakin tumbuh dan berkembang sebagai tempat bersandar bagi seluruh komponen bangsa yang mendambakan Indonesia yang bersatu, maju, dan sejahtera. Oleh karena itu, Agus menghimbau bahwa kehadiran alumni Lemhannas RI yang tersebar di daerah perlu diberdayakan dan dimanfaatkan dalam menyosialisasikan nilai-nilai kebangsaan dalam berbagai aktivitas seperti yang termuat dalam misi IKAL.

“Tidak dapat dipungkiri bahwa IKAL di dalam kehidupan berbangsa dan bernegara merupakan sebuah organisasi yang strategis,” ujar Agus. Menurut Agus, hal tersebut bukan saja karena cerminan dari kurikulum Lemhannas RI yang telah dibekalkan kepada para anggota IKAL, tetapi juga merupakan cerminan dari struktur organisasi IKAL sendiri.

Agus menyampaikan bahwa IKAL mewakili komponen bangsa baik secara vertikal, maupun secara horizontal. Secara vertikal dalam pengertian dimensi waktu karena meliputi dari angkatan pertama sampai angkatan 61 yang saat ini sedang mengikuti program pendidikan. Di sisi lain, secara horizontal yang dimaksud adalah pengertian kewilayahan di mana IKAL menjadi wadah para alumni yang tersebar di banyak daerah.

Di penghujung sambutannya, Agus menyampaikan bahwa reputasi dan nama sebuah lembaga pendidikan akan selalu dibawa dan dicerminkan oleh sikap dan perilaku para alumninya, begitu pula dengan Lemhannas RI. “Untuk itu kami selalu mengingatkan bahwa kemana pun anggota IKAL berada, di dalam sikap dan perilakunya akan selalu membawa nama Lemhannas RI,” kata Agus.

Setelah serangkaian kegiatan, akhirnya Munas IV IKAL menetapkan Jenderal TNI (Purn) Agum Gumelar kembali terpilih menjadi Ketua Umum IKAL Masa Bakti 2020-2025.



Hak cipta © 2020 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749