Agus Widjojo Bicara Tantangan Orang Tua dalam Mendidik Anak Pada Masa Pandemi Covid-19

Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia (Lemhannas RI) Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo menjadi narasumber dalam acara Happy Parenting with Novita Tandry, Rabu (24/06).

 

“Tadinya penyelenggaraan pendidikan, kegiatan proses belajar mengajar, diadakan tatap muka, sekarang dilaksanakan berdasarkan online,” kata Agus menjelaskan penyesuaian kegiatan-kegiatan Lemhannas RI di masa pandemi Covid-19. 

 

Menurut Agus dibalik pandemi Covid-19 ada hikmah yang dapat diambil, yakni memaksa seluruh elemen melakukan percepatan untuk terbiasa dengan teknologi komunikasi dan melakukan banyak hal melalui dalam jaringan. Lemhannas RI dalam hal ini dipaksa menyesuaikan metodologi pengajaran dan sarana prasarana teknologi. “Kita dipaksa cepat berbenah untuk menyiapkan perlengkapan teknologi untuk dari offline menjadi online,” ujar Agus.

 

Hikmah lainnya dari pembelajaran jarak jauh adalah lebih memberi penekanan pada fokus harus pada peserta dan aktivitas peserta, pengajar sifatnya hanya memfasilitasi saja. Oleh karena itu, paradigma semakin bergeser dari pembelajaran satu arah menjadi lebih interaktif. “Untuk menyadarkan bahwa belajar itu akan sangat ditentukan oleh para peserta” tutur Agus.

 

Sepertinya halnya Lemhannas RI yang harus melakukan penyesuaian dalam masa pandemi ini, orang tua juga perlu beradaptasi dalam mengasuh dan mendidik anak pada kondisi saat ini. Agus menyampaikan bahwa para orang dewasa perlu untuk memikirkan kegiatan bagi anak-anak yang dapat disesuaikan dengan keadaan saat ini. Misalnya sekolah dan bersosialisasi, karena sekolah harus dilakukan dari rumah sehingga anak-anak tidak bisa bersosialisasi secara tatap muka dengan teman sebayanya. Hal tersebut harus dicari jalan keluar terbaik walaupun tidak mungkin sama dengan keadaan biasanya. “Kita pikirkan caranya bagaimana, walaupun tidak mungkin menggantikan,” kata Agus.

 

Pandemi Covid-19 juga membawa hikmah untuk orang tua, yaitu dalam membangun kedekatan. Menurut Agus, keadaan seperti ini adalah keadaan yang berpeluang untuk membangun kebersamaan antara anggota keluarga. Keadaan saat ini harus dimanfaatkan sebagai waktu berkualitas antara orang tua dengan anak.

 

Agus juga mengingatkan bahwa betapapun sulit dan banyaknya tantangan bagi orang tua dalam menghadapi pandemi ini, orang tua harus menghadapi dengan bijaksana. Semua kesulitan atau hal-hal yang tidak diinginkan harus diselesaikan antara orang tua dan jangan sampai mempengaruhi anak. Agus menegaskan bahwa perilaku orang tua akan menjadi contoh bagi perilaku anak yang dalam perkembangannya akan membentuk pribadi anak.



Hak cipta © 2020 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749