Komisi I DPR RI Mengapresiasi Kajian-Kajian Lemhannas RI dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP)

Komisi I DPR RI mengadakan Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Lemhannas RI dan Wantannas terkait pembahasan Rencana Kerja dan Anggaran (RKA) Lemhannas RI Tahun 2021 serta isu-isu aktual pada Selasa, 23 Juni 2020 di Ruang Rapat Komisi I DPR RI.

“Pada masa pandemi Covid-19, Lemhannas RI telah melakukan protokol kesehatan dengan melaksanakan pengukuran suhu tubuh, physical distancing pada pelaksanaan kegiatan, penyediaan hand sanitizer, penggunaan masker, penyemprotan disinfektan, rapid test dan pemberian bantuan Alat Pelindung Diri (APD), dan untuk operasional pelaksanaan Program Lemhannas RI menggunakan daring,” ujar Gubernur Lemhannas RI Letjen TNI (Purn.) Agus Widjojo mengawali penjelasan Lemhannas RI kepada Komisi I DPR RI.

Selanjutnya Agus menjelaskan agenda pertama rapat, yaitu terkait tugas, fungsi, dan evaluasi pelaksanaan program Lemhannas RI T.A. 2020. Agus menyampaikan bahwa Kedeputian Pendidikan Pimpinan Tingkat Nasional Lemhannas RI telah melaksanakan kegiatan Program Pendidikan Reguler Angkatan ke 60 dan 61, dan pada semester kedua akan menyelenggarakan Program Pemantapan Pimpinan Daerah (P3DA). Kedeputian Pemantapan Nilai-nilai Kebangsaan Lemhannas RI telah melaksanakan Pemantapan Nilai-nilai Kebangsaan dan Dialog Wawasan Kebangsaan, serta akan menyelenggarakan Pelatihan untuk Pelatih (PUP).

Selanjutnya, Kedeputian Pengkajian Strategik telah dan akan melaksanakan empat Kajian Jangka Panjang dan empat Kajian Quick Response, meliputi bidang Ideologi, Politik, Ekonomi, Sumber Daya Alam, Sosial-Budaya dan Pertahanan Keamanan. Dua kajian telah dilaksanakan dan enam kajian dalam proses penyelesaian.

Kontribusi Lemhannas RI lainnya dengan sasaran Percepatan Peningkatan Pembinaan Ketahanan Nasional adalah melalui kegiatan Audiensi dengan Asosiasi Analis Kebijakan Indonesia (AAKI), Pertemuan dan Diskusi dengan Mufakat Budaya Indonesia (MBI), Pertemuan dengan Maktab Ketahanan Nasional Malaysia, serta beberapa kegiatan lainnya.

“Lemhannas RI membuat daftar pertanyaan kepada Kementerian/Lembaga yang terkait dengan kajian-kajian tersebut sebagai tindak lanjut, sampai hari ini pertanyaan-pertanyaan yang Lemhannas RI buat hasilnya baik dan sangat baik. Juga ada beberapa kajian yang sudah ditindaklanjuti oleh Kementerian / Lembaga terkait, seperti BSSN dan Kemenko PMK,” ujar Deputi Pengkajian Strategis Prof. Dr. Ir. Reni Mayerni, M.P. menjelaskan tindak lanjut kajian-kajian yang selama ini telah disusun Lemhannas RI.

Melanjutkan agenda pembahasan kedua, Agus menyampaikan Rencana Program Kerja dan Anggaran Lemhannas RI T.A. 2021. Pada Kedeputian Pendidikan Pimpinan Tingkat Nasional, akan diselenggarakan PPRA, PPSA, dan P3DA. Sedangkan pada Kedeputian Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan akan diselenggarakan Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan, Pelatihan untuk Pelatih, dan Dialog Kebangsaan. Selanjutnya, Kedeputian Pengkajian Strategik akan menyelenggarakan (4) empat Kajian Jangka Panjang, (4) empat Jangka Menengah, (4) empat Jangka Pendek, (48) empat puluh delapan Quick Response dan Kajian Urgen dan Cepat.

“Komisi I DPR RI mengapresiasi Lemhannas RI dalam beberapa kajian, untuk selanjutnya Komisi I DPR RI juga mendorong Lemhannas khususnya Tatanan Kehidupan Baru di era new normal pasca pandemi Covid-19 yang rekomendasinya menjadi rujukan kebijakan Pemerintah dalam menyiapkan kepemimpinan nasional bagi calon pimpinan bangsa yang lebih siap dalam menghadapi berbagai tantangan,” ujar Wakil Ketua Komisi I DPRI RI Teuku Riefky Harsya menanggapi penjelasan Lemhannas RI.

Rapat kemudian ditutup dengan pembacaan poin-poin kesimpulan oleh Wakil Ketua Komisi I DPR RI Teuku Riefky Harsya yang menyampaikan dukungan dan harapan terhadap Lemhannas RI dan Wantannas sesuai tugas dan fungsinya. "Komisi I mendukung dan berharap peran serta Lemhanas dan Wantannas sesuai tupoksinya, terutama terhadap dinamika baru yang terjadi. termasuk new normal di segala bidang, segala sendi dalam bernegara dan berbangsa tentu masukan Lemhannas dan Wantannas ini sangat penting untuk bangsa ke depan," ungkap Wakil Ketua Komisi I DPR RI Teuku Riefky Harsya.



Hak cipta © 2020 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749