Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan di Bandung

"Sebagai bangsa besar haruslah menjaga, memahami, dan mengimplementasikan nilai-nilai kebangsaan demi tetap tegak dan utuhnya NKRI,” kata Gubernur Lemhannas RI Letnan Jenderal TNI (Purn) Agus Widjojo dalam upacara pembukaan Pemantapan Nilai-nilai Kebangsaan bagi Birokrat, Akademisi, Tokoh Masyarakat, Organisasi Profesi, TNI dan Polri bertempat di Hotel The Papandayan, Bandung mulai Selasa, 10 Maret 2020 hingga Selasa, 17 Maret 2020.

Kekayaan Bangsa Indonesia yang memiliki ragam suku, budaya, bahasa, etnis, golongan dan agama merupakan kekuatan positif yang dapat mendukung pembangunan bangsa. Namun disisi lain, juga mengandung potensi konflik, yang bila tidak dikelola dengan baik dapat mengancam kelangsungan dan tetap tegak utuhnya NKRI.

Selain potensi konflik atas keberagaman, perkembangan lingkungan strategis global, regional dan nasional, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi era industri 4.0 dan era society 5.0, serta merebaknya budaya asing ke dalam kehidupan masyarakat Indonesia, menambah tantangan Indonesia. Tantangan tersebut adalah bagaimana merangkai keberlanjutan pola pikir, pola sikap, dan pola tindak Bangsa Indonesia berdasarkan nilai-nilai kebangsaan yang bersumber dari empat konsensus dasar bangsa sebagai pijakan dalam merumuskan kebijakan nasional baik di bidang geografi, demografi, sumber kekayaan alam, ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya, serta pertahanan keamanan.

Menurut Agus penting bagi generasi saat ini untuk mewariskan kepada generasi milenial dan generasi bangsa berikutnya, agar dapat mengatasi ancaman, tantangan, hambatan, dan gangguan seperti berbagai manuver asing di perairan wilayah yurisdiksi nasional, munculnya berbagai konflik terkait isu SARA, merebaknya intoleransi, radikalisme, terorisme, dan fenomena degradasi moral. “Hal ini untuk membangun kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara yang lebih maju, percaya diri, dan searah dengan cita-cita nasional dan tujuan nasional yang telah digariskan oleh para pendiri negara,” tutur Agus.

 

“Dengan dilaksanakannya Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan ini diharapkan dapat memupuk rasa, paham, dan semangat kebangsaan saudara sekalian untuk menjadi manusia berkarakter kebangsaan ke-Indonesia-an yang kuat,” ujar Agus.

Kegiatan tersebut merupakan salah satu jawaban Lemhannas RI terhadap permasalahan masa kini Bangsa Indonesia, yaitu memudarnya nilai-nilai kebangsaan yang bersumber dari empat konsensus dasar bangsa yaitu Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, Sesanti Bhinneka Tunggal Ika dan NKRI, terutama di kalangan generasi penerus bangsa.

Pemantapan Nilai-nilai Kebangsaan tersebut bertujuan untuk mentransformasikan, menumbuhkan dan melestarikan nilai-nilai kebangsaan kepada setiap komponen bangsa yang bersumber dari Pancasila, UUD NRI 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan NKRI. Diharapkan nilai-nilai kebangsaan tersebut dapat tercermin di dalam pemikiran, sikap dan perilaku setiap Warga Negara Indonesia, untuk memahami pentingnya mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa serta kesatuan wilayah dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.



Hak cipta © 2024 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749