Cetak

Tenaga Medis di Sejumlah Daerah Terima Bantuan Alat Kesehatan dari Lemhannas RI

Perwakilan tenaga medis di sejumlah daerah telah menerima Bantuan Alat Kesehatan dari Lemhannas RI. Bantuan alat kesehatan yang disalurkan terdiri dari Alat Pelindung Diri (APD), Sarung Tangan, dan Masker.

 

Beberapa daerah yang telah menerima bantuan alat kesehatan, antara lain IDI Cabang Sorong, Papua; Radjak Hospital Purwakarta, Jawa Barat; RSUD Dr. Moewardi Solo, Jawa Tengah; IDI Cabang Ende, NTT; RSD Kalabahi Alor, NTT; RSUP Sanglah Denpasar, Bali; RSU Tanjung Pura Langkat, Sumatera Utara; RSUD Dr. Saiful Anwar/ Universitas Brawijaya Malang, Jawa Timur; Universitas Syiah Kuala Banda Aceh, Aceh; dan RSU Naili DBS serta beberapa puskesmas di Sumatera Barat.

 

Bantuan alat kesehatan tersebut sebelumnya diserahkan secara simbolis oleh Gubernur Lemhannas RI Letnan Jenderal TNI (Purn) Agus Widjojo kepada perwakilan dokter bertempat di Lemhannas RI pada Rabu, 29 April 2020. Agus mengatakan bahwa bantuan ini diberikan sebagai apresiasi dan dukungan bagi tenaga medis dalam mengatasi Covid-19 di Indonesia. “Saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada rekan-rekan tenaga medis dan sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo dalam Rapat Terbatas untuk ikut berkontribusi memberikan perlindungan optimal bagi dokter, perawat, dan tenaga medis lainnya dalam menangani pandemi Covid-19”, ujar Agus.

 

Pemberian bantuan tersebut, lanjut Agus,  juga merupakan suatu bentuk keprihatinan terhadap tenaga medis yang meninggal dunia dalam menangani Covid-19. “Melihat keprihatinan tersebut menjadi alasan Lemhannas RI untuk turut memberikan sumbangsih alat bantu Kesehatan yang terdiri dari alat pelindung diri (APD), sarung tangan, dan masker kepada beberapa rumah sakit dan puskesmas”, ujar Agus.

 

Sebelumnya, Lemhannas RI juga menyalurkan bantuan ke beberapa Rumah Sakit dan Puskesmas terdekat di Jakarta. Kegiatan penyerahan bantuan alat kesehatan merupakan salah satu rangkaian HUT Lemhannas RI ke-55 yang bertepatan dengan Hari Kebangkitan Nasional, yaitu tanggal 20 Mei. Sebelumnya, panitia HUT telah melaksanakan lomba kebersihan yang dilaksanakan di lingkungan Lemhannas RI. Selain lomba kebersihan dan penyerahan bantuan alat Kesehatan, Lemhannas RI juga akan melaksanakan lomba pegawai teladan dan bakti sosial Perista berupa penyerahan buku.