15.500 Bantuan Alat Kesehatan untuk Tenaga Medis dalam Menghadapi COVID-19

Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia (Lemhannas RI) menyerahkan bantuan sebanyak 15.500 alat kesehatan yang terdiri dari 500 Alat Pelindung Diri (APD), 10.000 Sarung Tangan Medis, dan 5.000 Masker kepada sejumlah pihak yang membutuhkan. Bantuan tersebut diserahkan secara simbolis bertempat di Ruang Nusantara, Rabu, 29 April 2020, kepada beberapa perwakilan tenaga medis untuk distribusikan langsung ke beberapa Rumah Sakit dan Puskesmas.

Penyerahan bantuan alat kesehatan secara simbolis diterima oleh dr. Damayanti Soetjipto Sp.THT-KL(K), Prof. dr. Ruswan Dahlan, Sp.An-KIC, Prof. dr. Ganesja Harimurti, Sp.JP(K), dr. Yvonne Siboe, Sp.Ak., dr. Niesye, dr. Dien Radjak, dan dr. Muhammad Rifki, Sp.OG. Penyerahan bantuan secara simbolis tersebut diberikan langsung oleh Gubernur Lemhannas RI Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo.

Kemudian bantuan alat kesehatan untuk Rumah Sakit dan Puskesmas, akan diberikan langsung kepada RS Budi Kemuliaan, Klinik Lemhannas, Puskesmas Kelurahan Kebon Sirih, Puskesmas Kelurahan Kwitang, Puskesmas Kecamatan Senen, dan Puskesmas Kecamatan Menteng. Alat kesehatan tersebut diserahkan langsung oleh perwakilan panitia HUT Lemhannas RI kepada perwakilan Rumah Sakit dan Puskesmas, Kamis, 30 April 2020.

“Saya menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada rekan-rekan tenaga medis yang telah menjadi garda terdepan untuk berjuang dan berkorban luar biasa dalam menghadapi pandemi  Coronavirus Disease (COVID-19),” kata Agus membuka sambutannya.

Pada kesempatan tersebut Agus juga menyampaikan duka cita atas gugurnya sejumlah tenaga medis saat menjalankan tugas misi kemanusiaan. “Pengorbanan mereka tidaklah sia-sia dan akan selalu kita ingat,” tutur Agus. Kemudian Agus juga menyampaikan bahwa Presiden Joko Widodo, dalam rapat terbatas melalui telekonferensi, memerintahkan diterapkannya perlindungan optimal bagi dokter, perawat, dan tenaga medis lainnya dalam menangani pandemi COVID-19.

Rasa terima kasih, apresiasi, dan duka cita tersebut kemudian membuat Lemhannas tergerak untuk mengambil tindak lanjut nyata untuk turut membantu tenaga medis dengan pemberian bantuan alat kesehatan dalam rangka memperingati HUT ke-55 Lemhannas RI yang jatuh pada 20 Mei mendatang. Bantuan tersebut diharapkan dapat dimanfaatkan sebagai perlindungan optimal bagi rekan-rekan tenaga medis dalam menghadapi COVID-19.

Sebagian alat kesehatan yang disumbangkan merupakan bantuan yang dipercayakan oleh Tanoto Foundation kepada Lemhannas RI. Oleh karena itu, penyaluran bantuan tersebut juga merupakan komitmen atas kepercayaan yang diberikan kepada Lemhanas RI dan salah satu langkah nyata Lemhannas RI dalam mendukung penanggulangan COVID-19. Lemhannas RI percaya bahwa pandemi ini merupakan sebuah tantangan kemanusiaan yang harus ditanggulangi bersama.

Bertepatan dengan Hari Kebangkitan Nasional, HUT ke-55 Lemhannas RI mengangkat tema “Dengan Semangat Kebangkitan Nasional Kita Bangun SDM Unggul Indonesia Maju”. Mengangkat tema tersebut, dalam kondisi ini, Lemhannas RI percaya bahwa penanggulangan COVID-19 dengan tepat merupakan salah satu upaya untuk melindungi dan menciptakan SDM Indonesia yang unggul dan menjadikan Indonesia maju.



Hak cipta © 2024 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749