Pengaruh Sengketa AS - Iran Terhadap Stabilitas Nasional

Sebagai tindak lanjut dari Focus Group Discussion  (FGD) yang telah dilaksanakan pada Selasa, 4 Februari 2020, Direktorat Pengkajian Hankam dan Geografi Kedeputian Pengkajian Strategik Lemhannas RI kembali mengadakan Focus Group Discussion (FGD) lanjutan mengenai “Pengaruh Sengketa Amerika Serikat-Iran Terhadap Stabilitas Nasional” bertempat di Ruang Gatot Kaca, Rabu (12/2).

Tenaga Pengajar Bidang Hubungan Internasional Lemhannas RI Marsda TNI Julexi Tambayong selaku moderator menyampaikan bahwa pada FGD sebelumnya telah disampaikan latar belakang historis mengenai sengketa tersebut. Isu tersebut sangat multidimensional. “Yang perlu kita bahas adalah apa dampaknya pada stabilitas nasional,” ujar Julexi.

Tenaga Pengkaji Bidang Politik Lemhannas RI Mayjen TNI Nurchahyanto, selaku Ketua Tim Kajian menyampaikan dampak konflik Amerika Serikat dan Iran. Beberapa dampak yang terjadi adalah meningkatnya harga minyak dunia, terganggunya stabilitas di Timur Tengah, potensi bangkitnya kelompok radikal, dan terjadinya salah tembak pesawat Ukraine International Airlines. “Dengan memanasnya hubungan Iran dengan Amerika Serikat tentunya akan berpengaruh pada stabilitas nasional Indonesia,” tutur Nurchahyanto.

Hadir sebagai narasumber pada FGD, yaitu Mantan Duta Besar Luar Biasa dan Berkekuatan Penuh (LBBP) Negara Republik Islam Iran Drs. Dian Wirengjurit, M.A, Rektor Universitas Ibnu Chaldun Dr. Musni Umar, SH., M.Si., Ph.D., dan Pengamat Politik Timur Tengah LIPI Drs. M. Hamdan Basyar, M.Si.

“Perkembangan AS – Iran memang membawa pengaruh kemana-mana, tapi kita juga harus mengantisipasi mengapa sampai ada kekhawatiran dan perlukah ada kekhawatiran itu?” ujar Mantan Duta Besar Luar Biasa dan Berkekuatan Penuh (LBBP) Negara Republik Islam Iran Drs. Dian Wirengjurit, M.A. Dian berharap analisa dan kajian yang dilakukan khususnya di lembaga-lembaga seperti Lemhannas RI benar-benar berdasarkan diskusi yang mendalam sehingga kekhawatiran yang timbul tidak terlalu jauh.

“Dunia sudah terintegrasi. Konflik yang terjadi di suatu negara segera diketahui di seluruh penjuru dunia,” kata Rektor Universitas Ibnu Chaldun Dr. Musni Umar, S.H., M.Si., Ph.D. Kemudian Umar menyampaikan bahwa konflik antara Amerika Serikat dengan Iran paling tidak akan memberikan 3 pengaruh bagi stabilitas nasional.

Dalam kesempatan yang sama, Pengamat Politik Timur Tengah LIPI Drs. M. Hamdan Basyar, M.Si. juga menyampaikan pengaruh sengketa Amerika Serikat dengan Iran terhadap stabilitas nasional sisi ekonomi dan keamanan.



Hak cipta © 2024 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749