Cetak

Sejumlah Athan Negara Sahabat Menghadiri Sosialisasi PPRA 62

Sebelum diselenggarakannya Program Pendidikan Reguler Angkatan (PPRA) 62 Tahun Ajaran 2021, Biro Kerja Sama Lemhannas RI mengadakan sosialisasi kepada sejumlah atase pertahanan negara sahabat bertempat di Ruang Airlangga Gedung Astagatra, Rabu (12/2). Pada kesempatan tersebut Kepala Bagian Kerja Sama Luar Negeri Kolonel Edy Supriyanto, S.T. memberikan penjelasan mengenai Lemhannas RI.

Selain menjelaskan visi dan misi Lemhannas RI, Edy menjelaskan bahwa Lemhannas RI adalah Lembaga Pemerintah Non Kementerian (LPNK) yang bertanggung jawab langsung kepada Presiden. Kemudian Edy menjelaskan lebih dalam mengenai penyelenggaraan PPRA. “PPRA adalah Program Pendidikan Reguler yang biasanya diikuti oleh 80 sampai 100 peserta,” kata Edy. Peserta PPRA terdiri dari TNI, Polri, dan Sipil dan akan mengikuti pendidikan selama 7 bulan yang terdiri dari 1 bulan off campus dan 6 bulan on campus.

Calon peserta yang berasal dari negara sahabat diharuskan untuk mengikuti kursus Bahasa Indonesia terlebih dahulu sebelum mengikuti PPRA. “PPRA 62 direncanakan dibuka pada 26 Januari 2021 dan direncanakan selesai pada 31 Agustus 2021,” ungkap Edy. Bagi calon peserta PPRA 62 Tahun Ajaran 2021, kursus Bahasa Indonesia akan diselenggarakan mulai 1 Juli 2020 hingga 11 Desember 2020. Lebih lanjut Edy menjelaskan bahwa kursus Bahasa Indonesia terdiri dari 4 tingkatan yakni beginner level, intermediate level, advanced level, dan expert level.

Selain mendapatkan kursus Bahasa Indonesia, calon peserta PPRA 62 Tahun Ajaran 2021 juga akan mendapatkan pengenalan budaya lokal dan pre-course. Pengenalan budaya lokal bertujuan untuk mengenalkan Budaya Indonesia kepada calon peserta PPRA dengan mengunjungi daerah di Indonesia sehingga dapat langsung belajar dari daerah tersebut. Sedangkan pada pre-course, peserta akan mendapatkan penjelasan mengenai mekanisme pendidikan yang akan diikuti peserta.